Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 4 Tahun di Aceh Utara Alami Gizi Buruk Akut

Kompas.com - 16/01/2019, 17:51 WIB
Masriadi ,
Khairina

Tim Redaksi


ACEH UTARA, KOMPAS.com – Seorang bocah, Intan Zahar (4), dilaporkan mengidap gizi buruk akut (marasmus) di Desa Kuala Keureto, Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara.

Anak dari pasangan Yusri dan Nur Bayani itu terlihat hanya tinggal kulit dan tulang. Sedangkan orangtuanya sudah berusaha membawa berobat putranya itu untuk menyembuhkan kondisinya.

Kepala Desa Kuala Keureuto M Kaoy Amin, Rabu (16/1/2019) menyebutkan, sebelumnya dirinya sudah melaporkan kondisi itu ke Puskesmas Lapang, Aceh Utara.

Petugas Puskesmas, sambung Kaoy, sudah pernah datang sekali, namun setelah itu tidak pernah datang lagi.

Baca juga: Kasus 2 Bocah Ditelantarkan hingga Busung Lapar, Polisi Buru Tersangka Baru

“Kami harap, kondisi begini ini menjadi perhatian serius dari Dinas Kesehatan Aceh Utara. Dengan segala keterbatasannya, orang tuanya dan kami di Lapang ini sudah berupaya kemana-mana berobat, namun kondisi anak itu belum membaik,” kata Kaoy.

Dia berharap, Bupati Aceh Utara juga segera merespon keluhan masyarakat nelayan itu.

“Agar anak itu sehat kembali,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Khalmida, menyebutkan dirinya akan mengecek kronologis anak gizi buruk itu.

“Saya cek ke Kepala Puskesmasnya kronologisnya. Harusnya itu diawasi didampingi, tak boleh begitu. Tapi detailnya saya cek dulu,” pungkasnya.

Kompas TV Sekitar 80-an anak meninggal dunia karena busung lapar, campak, dan sejumlah penyakit lain di sejumlah distrik di Asmat pada Desember 2017 hingga Januari 2018.<br /> <br /> Meski status kejadian luar biasa telah dicabut, kepedulian dan sorotan terhadap kualitas hidup warga Asmat masih berdatangan salah satunya dari dana kemanusiaan Kompas yang menyerahkan lima lapangan bermain bagi warga Asmat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com