Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Keamanan, Polisi di Jabar Patroli di Sekitar Rumah Warga Korban Puting Beliung

Kompas.com - 13/01/2019, 07:37 WIB
Agie Permadi,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Ratusan rumah di Jawa Barat rusak dihempas angin puting beliung Jumat (11/1/2019) sore kemarin.

Untuk mengantisipasi tindak kejahatan khususnya di rumah yang rusak ditinggalkan penghuni untuk mengungsi sementara, polisi juga menggelar patroli di sekitar pemukima warga. Hal ini terjadi di wilayah Rancaekek, Bandung Timur. 

Patroli sudah dilakukan sejak kemarin malam sejak pertama kejadian bencana angin puting beliung itu terjadi.

"Untuk antisipasi kita lakukan patroli baik di rumah-rumah warga juga tempat-tempat yang dijadikan pengungsian. Patroli dilakukan untuk menjaga keamanan agar tidak terjadi hal yang dapat merugikan masyarakat," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, yang dihubungi Sabtu (12/1/2019).

Baca juga: Penjelasan BMKG soal Angin Puting Beliung di Kabupaten Bandung

Patroli serupa pun dilakukan di wilayah terdampak angin puting beliung lainnya seperti di daerah Karawang dan Garut. Bahkan, petugas pun membantu membersihkan puing-puing akibat kejadian itu, dan bersiaga di lokasi pemukiman warga yang terkena angin puting beliung.

Tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, dan Pemda setempat pun membangun tenda posko siaga di lokasi kejadian.

"Polres Bandung langsung menerjunkan Urdokkes untuk memberikan bantuan pengobatan bagi warga yang terkena musibah angin puting beliung terutama yang luka-luka," katanya.

Polisi juga melaksanakan pemasangan mobil dapur untuk membantu warga memenuhi kebutuhannya.

Baca juga: Saya Lihat Puting Beliung Datang, Belakang Rumah Saya Hancur Semua..

Berdasarkan data BPBD Jabar, angin puting beliung diketahui menghempas beberapa wilayah di Jawa Barat, yakni di tiga Desa dan satu Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung yakni Desa Bojong Loa, Desa Jelegong, Desa Rancaekek Wetan, dan Kelurahan Kencana.

Tercatat 1 orang luka berat, 15 orang luka ringan, 15 rumah rusak berat, 71 rumah rusak ringan dan lebih dari 300 rumah rusak yang belum dikelompokkan tingkat kerusakannya

Sedang di wilayah Karawang, tepatnya di dusun Kopo Timur dan dusun Tegal Jaya, Kecamatan Cilamaya Kulon. Sebanyak 31 unit rumah rusak dan satu orang luka ringan dalam peristiwa ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com