Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Pembunuhan Sadis Ibu dan Anak oleh 3 Calon TKI di Sumsel

Kompas.com - 03/01/2019, 18:34 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PAGARALAM,KOMPAS.com- Kasus pembunuhan Ponia (39) dan Selfia (13) yang merupakan ibu dan anak di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, terbongkar setelah pihak kepolisian setempat menangkap tiga pelaku.

Para pelaku tersebut, yakni Riko Apriadi (20), warga Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang; M Jefri Ilto Saputra (17), warga Palembang serta; Tika Herli (35), warga Perumnas Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan. Ketiga pelaku merupakan calon tenaga kerja Indonesia (TKI) di Taiwan.

Kapolres Pagaralam AKBP Tri Saksono Puspo Aji mengatakan, motif pembunuhan itu dilatarbelakangi utang piutang. Sebelumnya, korban Ponia yang tak mengerti teknologi terkena bujuk rayu pelaku untuk meminjam kartu ATM miliknya.

Uang tabungan korban sebanyak Rp 45 juta dikuras oleh Tika dengan dipindahkan ke rekening miliknya.

Ulah Tika itu pun akhirnya diketahui korban hingga Ponia meminta agar uangnya dikembalikan.

"Uang korban dipakai pelaku untuk keseharian pelaku," kata Tri Saksono saat dikonfirmasi, Kamis (3/1/2019).

Baca juga: Karena Utang, 3 Calon TKI Bunuh Ibu dan Anak di Sumsel

Setelah uang dihabiskan, Tika tak dapat mengembalikan tabungan miik korban itu. Lantaran terdesak dan marah sering ditagih, ia pun langsung merencanakan aksi pembunuhan terhadap Ponia.

Tika lalu menghubungi dua pelaku, Jefri dan Riko, untuk menjemput Ponia dan anaknya di kediaman korban di kota Pagaralam. Kedua korban langsung dibawa ke kawasan Sungai Lematang, Kabupaten Lahat.

Di sana kedua korban langsung dihabisi oleh kedua pelaku dengan menggunakan kayu balok. Selfia yang saat itu ketakutan melihat ibunya dibunuh sempat berupaya melarikan diri. Namun, bocah malang itu malah tertangkap oleh pelaku dan ikut dibunuh.

"Kami mendapatkan laporan dari Polres Lahat ada penemuan dua jenazah di aliran Sungai Lematang, ternyata warga Pagaralam. Dari sana langsung dilakukan penyelidikan dan menangkap tiga pelaku," ujar Kapolres.

Baca juga: Motif Pembunuhan Wanita yang Jasadnya Ditemukan di Subang Terungkap

Tiga pelaku ditangkap di Jakarta setelah pihak kepolisian mendapatkan transaksi pelaku Tika di bank. Petugas langsung bergerak cepat dan mengamankan ketiganya.

"Mereka sedang dalam penampungan TKI di Jakarta untuk berangkat ke Taiwan, motif pembunuhan ini karena utang piutang," ungkap Tri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com