Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kemacetan Libur Panjang, Polres Karawang Siaga

Kompas.com - 22/12/2018, 17:41 WIB
Farida Farhan,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Pada libur panjang Natal dan tahun baru yang berbarengan dengan libur sekolah, Polres Karawang terus siaga melakukan pemantauan, pengaturan, dan rekayasa lalu lintas.

"Puncak mudik masih kita analisis, karena libur kali ini cukup panjang dan tersebar (berurutan)," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya, saat pemantauan arus lalu lintas di pos pemantauan di Rest Area KM 57 tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (22/12/2018).

Pihaknya terus melakukan antisipasi kemacetan di beberapa titik yang rawat macet, baik di jalur tol maupun jalur arteri Tanjungpura-Klari-Cikampek atau jalur pantura.

"Antisipasi terus kita lakukan," katanya.

Baca juga: Polres Karawang Lakukan Buka Tutup Rest Area KM 57

Pada operasi Lilin Lodaya 2018, sebanyak 900 personel gabungan diturunkan untuk melakukan pengaturan dan pengamanan pada libur natal dan tahun baru.

"Gabungan ada sekitar 900 personel, sementara dari Polres Karawang sekitar 600 personel," sebutnya.

Mengingat volume kendaraan cukup padat, dengan berkoordinasi dengan Korlantas Polri, pihaknya melakukan contra flow mulai KM 51 hingga KM 61 tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta menuju Cikampek.

"Kami terus melihat dinamika arus lalu lintas yang mengarah keluar Jakarta," katanya.

Jalur alternatif belum difungsikan Meski terjadi kepadatan di beberapa titik, baik di jalur alternatif maupun jalur tol, polisi mengungkapkan, pengalihan arus ke hatur alternatif Lamaran-Cikalong belum dibutuhkan.

"Sejauh ini belum (diperlukan) pengalihan ke jalur alternatif, karena arus lalu lintas di tol dan arteri masih terkendali," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com