Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Truk Beras Tabrak Area Parkir Rumah Sakit di Brebes, Diduga Rem Blong hingga Terekam CCTV

Kompas.com - 11/12/2018, 11:52 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Truk bernopol B 8370 WYT meluncur tak terkendali dan menabrak beberapa warga, belasan sepeda motor dan sejumlah mobil pribadi di area parkir Rumah Sakit Muhammadiyah Siti Aminah Bumiayu, Brebes, Senin (10/12/2018).

Hasil pemeriksaan sementara aparat kepolisian, truk bermuatan beras tersebut mengalami rem blong. Sang sopir telah diamankan oleh aparat untuk penyelidikan lebih lanjut.

Korban dalam kecelakaan tersebut adalah empat orang tewas dan tujuh orang mengalami luka-luka.

Berikut ini sejumlah fakta di balik kecelakaan maut di Brebes:

1. Kronologi kecelakaan

Sejumlah warga memerhatikan mobil yang hancur ditabrak truk usai kecelakaan beruntun di jalur tengah Tegal-Purwokerto, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, Senin (10/12/2018). Truk pengangkut beras yang diduga mengalami rem blong tersebut menabrak 14 mobil, 19 motor dan bangunan rumah sakit tersebut mengakibatkan empat orang meninggal dan sejumlah warga luka-luka. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah Sejumlah warga memerhatikan mobil yang hancur ditabrak truk usai kecelakaan beruntun di jalur tengah Tegal-Purwokerto, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, Senin (10/12/2018). Truk pengangkut beras yang diduga mengalami rem blong tersebut menabrak 14 mobil, 19 motor dan bangunan rumah sakit tersebut mengakibatkan empat orang meninggal dan sejumlah warga luka-luka.

Kasatlantas Polres Brebes AKP Rikha Zulkarnain mengatakan, berdasarkan laporan awal, truk bernopol B 9370 WYT diduga mengalami rem blong.

"Truk kemudian menabrak 10 sepeda motor dan lima mobil pribadi. Ada juga warga yang meninggal," katanya.

Truk yang mengangkut ratusan karung beras itu melaju dari arah selatan (Purwokerto) menuju ke utara (Pejagan Brebes/Tegal).

Kendaraan itu baru berhenti setelah menabrak sejumlah kendaraan di areal parkir depan RS Muhammadiyah Siti Aminah Bumiayu.

"Laporan awal sementara yang kami terima, korban berjumlah empat orang. Kalau ada info mengenai jumlah berbeda, kami belum pastikan," kata AKP Rikha.

Baca Juga: Pemilik dan Pengusaha Truk Maut di Bumiayu Berpotensi Jadi Tersangka

2. Cerita saksi mata di lokasi kejadian

Ilustrasi. DIDIE SW Ilustrasi.

Salah seorang saksi mata, Cakra (45) menceritakan, saat kecelakaan terjadi dirinya sedang berdiri di pinggir jalan. Dia melihat truk bermuatan beras tersebut dari arah selatan ke utara turun dari flyover melaju sangat kencang.

"Saya mau pulang, terus melihat truk kencang sekali langsung menyapu mobil dan motor di depannya. Banyak warga teriak rem blong, rem blong. Kemudian truk berhenti ketika menabrak pagar area Rumah Sakit Aminah," kata Cakra.

Sepeda motor dan mobil yang tertabrak umumnya milik keluarga pasien yang sedang parkir di sekitar area rumah sakit.

Tak berselang lama, polisi segera datang dan melakukan olah tempat kejadian untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com