Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Utama Padang-Bukittinggi Putus akibat Hujan Deras

Kompas.com - 11/12/2018, 10:54 WIB
Rahmadhani,
Khairina

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com-Akibat hujan deras sejak sore hingga malam hari, jalan utama Bukittinggi-Padang putus total Senin (10/12/2018) malam. Hujan selama 3 jam mengakibatkan satu jembatan di ruas jalan tersebut putus.

Hujan deras yang mengguyur Bukittinggi, Padang Panjang dan Padang membuat Sungai Batang Ulakan meluap dan merubuhkan jembatan di kawasan Korong Pasa Usang Nagari Kayu Tanam Kecamatan 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.

Hingga Selasa (11/12/2018) pagi jalan utama ini tidak bisa dilalui baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pengendara harus mencari jalur alternatif baik itu memutar melalui Solok maupun Malalak, Agam bagi pengendara arah Padang menuju Bukittinggi.

Baca juga: Penanganan Longsor di Cilandak Terkendala Medan yang Curam

Kepala BPBD Sumbar Rumainur mengatakan, dengan curah hujan tinggi di atas 100 milimeter tersebut, selain mengakibatkan satu unit jembatan putus, juga membuat kawasan wisata air terjun Lembah Anai meluap.

Akibatnya pengendara jalan yang melewati kawasan tersebut terjebak di air terjun yang meluap ke jalan.

"Tak hanya itu di beberapa tempat di Sumbar juga terjadi longsor seperti di kawasan Palembayan Agam, kemudian longsor dari arah Bukittinggi menuju Pasaman, tepatnya di kawasan Palupuh. Daerah ini selalu dilanda longsor setiap kali hujan deras dan masyarakat sudah tahu," ucap Rumainur, Selasa (11/12) pagi.

Kompas TV Bencana longsor terjadi Gianyar, Bali. Akibat bencana ini, empat orang meninggal dunia. Evakuasi korban meninggal pun dilakukan dengan melibatkan tim Basarnas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com