Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri BUMN Berharap Tol Trans-Jawa Bisa Diresmikan Desember 2018

Kompas.com - 12/11/2018, 16:52 WIB
Slamet Priyatin,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berharap jalan tol Merak-Surabaya (Trans Jawa) bisa diresmikan pada Desember 2018 mendatang.

Dengan demikian, masyarakat yang akan merayakan libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 nanti bisa melewati jalan tol dari Merak sampai Surabaya.

"Tol Trans Jawa adalah jalur yang dinantikan lebih dari 20 tahun, karena memang sudah dicanangkan sejak lama. Tol Trans Jawa mulai dari Merak sampai Surabaya harus bisa diresmikan pada Desember 2018, hingga kemudian tersambung sampai dengan Banyuwangi,” kata Rini saat berada di jembatan Kali Kutho di Jalan tol Batang-Semarang, Senin (12/11/2018).

Rini menjelaskan, pihaknya meninjau langsung kondisi terkini proyek tersebut, dengan berkendara menempuh rute Surabaya sampai Telkom Landmark Tower yang berada di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, sebagai lokasi finish.

Perjalanan sepanjang kurang lebih 800 kilometer ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar 16 jam dengan meninjau sejumlah titik dan beristirahat.

Baca juga: Kakorlantas Sebut Ada 10 Titik Rawan Macet di Jalur Mudik Trans Jawa

Menurut Rini, terkoneksinya Pulau Jawa melalui jalan tol akan memberikan dampak positif bagi perekonomian. Ia menjelaskan, yang paling utama adalah biaya logistik yang tentu akan lebih murah karena akses transportasi yang lebih cepat dan efisien.

“Hal itu kemudian akan diikuti dengan terbukanya lapangan kerja serta menggerakan kegiatan perekonomian di daerah yang dilalui ruas tol Trans Jawa,” tambahnya.

Direktur Utama PT Jasa marga Semarang-Batang Ari Irianto sebelumnya mengatakan, sesuai rencana jalan tol Batang-Semarang akan diresmikan presiden pada 20 Desember 2018.

“Progres pekerjaan fisik tol Batang-Semarang saat ini sudah mencapai 96, 74 persen,” jelasnya.

Baca juga: Bupati Batang Kesal, Warganya seperti Ditinggal dalam Proyek Tol Trans Jawa

Khusus untuk tol Batang-Semarang, masyarakat bisa melewatinya secara gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com