Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakorlantas Sebut Ada 10 Titik Rawan Macet di Jalur Mudik Trans Jawa

Kompas.com - 01/06/2018, 18:54 WIB
Nibras Nada Nailufar,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Kepala Korlantas Polri Irjen Royke Lumowa menyebut, ada sekitar 10 titik di sepanjang jalur trans Jawa yang diperkirakan bakal macet saat mudik Lebaran berlangsung.

Ke-10 titik tersebut yakni Tol Jakarta-Cikampek, Gerbang Tol (GT) Palimanan, GT Gandulan (Kertasari), Jembatan Kalikuto, dan GT Manyaran (Krapyak).

Kemudian, Underpass Karangsawah, Malangbong-Limbangan-Gentong (terusan Nagrek), rest area Tol Cipali KM 102 dan rest area Tol Cikampek KM 62, penyeberangan Merak-Bakauheni, dan terakhir penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.

Baca juga: Berikut Titik-titik Penjualan BBM di Jalur Mudik Brebes-Sragen

Dalam konferensi pers peninjauan jalur mudik di Jawa Tengah, Jumat (1/6/2018), Royke menjelaskan Jembatan Kalikuto yang belum bisa digunakan di puncak mudik Lebaran kemungkinan bakal membuat macet karena kendaraan dari tol akan dialihkan ke jalan arteri.

Begitu juga Karangsawah yang underpass-nya belum rampung, membuat kendaraan harus melintasi jalur arteri yang cukup padat.

Baca juga: 200 Unit Satgas BBM Bermotor untuk Jalur Mudik Beroperasi Mulai 6 Juni

"Brebes Selatan arah Purwekorto, Karangsawah tepatnya di Pasar Tonjong. Pasar itu antrean panjang," kata Royke, di Mapolres Kendal, Jumat siang.

Kompas TV Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan semua jalur sudah siap untuk dilewati arus mudik dan balik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com