Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Hari Hilang Kontak, KM Inka Mina Ditemukan Tim SAR

Kompas.com - 04/11/2018, 21:17 WIB
Sandro Gatra

Editor

Sumber Antara

AMBON, KOMPAS.com - Tim SAR berhasil menyelamatkan 11 penumpang dan awak kapal Inka Mina yang berlayar dari Pulau Run, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Kapal tersebut hilang kontak selama tiga hari akibat mengalami gangguan mesin di perairan Pulau Suanggi.

"KM Inka Mina 976 yang dinakhodai David Maturua (46) ini ditemukan tim SAR sekitar 30 NM dari garis pantai Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe (Kota Ambon) pukul 04.00 WIT," kata Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin di Ambon, Minggu (4/11/2018), seperti dikutip Antara.

Sebelum dilakukan penyelematan oleh regu penyelamat, Kantor SAR Ambon juga telah mendapat informasi dari nakhoda kapal sekitar pukul 02.00 WIT.

Ketika ditemukan, kata Muslimin, regu penyelamat mendapati dua penumpang dalam kondisi menderita sakit, yakni atas nama Hamidah (48) dan Sento Efruan (43).

Keduanya kemudian dievakuasi ke RS Bhayangkara Polda Tantui.

Sedangkan penumpang lainnya dalam kondisi selamat masing-masing Finto Nirahua, Agustinus Maturan, Jordan Amarduan, Welhemus Amardoan, Wendy Titalebit, Yesi Fambrene, dan Zulkifly Subuh.

"Dengan ditemukannya KM Inka Mina 976 beserta 11 orang penumpang dan awak kapal, maka operasi SAR dihentikan," katanya.

KM Inka Mina 976 berukuran 25 GT membawa 11 orang berangkat dari Pulau Run sekitar pukul 11.00 WIT.

Kapal tersebut kemudian mengalami gangguan mesin di sekitar perairan Pulau Suanggi pada koordinat 04 derajat 19'58'S - 129 derajat 38'15'E.

Laporan keluarga saat itu menyebutkan KM Inka Mina 976 belum tiba di Pulau Ambon dan komunikasi melalui telepon genggam tidak bisa dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com