Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Bakal Tata Situs Gunung Padang

Kompas.com - 01/11/2018, 14:43 WIB
Dendi Ramdhani,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mewacanakan menata situs wisata Gunung Padang di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Rencana penataan Gunung Padang sempat diunggah dalam akun Instagram pribadinya @ridwankamil beberapa waktu lalu.

Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil mengatakan, kondisi wisata sejarah itu kini mulai banyak ditempati pedagang kaki lima.

Ia khawatir, maraknya aktivitas komersil akan merusak peninggalan bersejarah tersebut.

"Kondisi Gunung Padang, karena saya pernah ke sana mulai diintervensi oleh PKL di area sakralnya yang harusnya bersih. Saya hiking kemarin capek ternyata di atas ada penjual indomie dengan tenda birunya. Jadi ilfil," ujar Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (1/11/2018).

Baca juga: Hujan Deras, Jalan ke Gunung Padang dari Sukabumi Putus di Desa Bencoy

"Karena yang namanya pedagang mah di mana ada keramaian tapi kan enggak bisa begitu karena enggak ada panduan penataan. Khawatir kalau dibiarkan berlarut-larut potensi situs megalitikum dunia ini akan tercemari oleh perilaku komersial dan wisatawan yang tidak semestinya," tambah Emil.

Ia menambahkan, penataan situs Gunung Padang masuk dalam strategi pengembangan pariwisata tipe dua.

Selain Gunung Padang, beberapa wisata lain di Jabar akan mendapat penanganan serupa diantaranya Gedung Sate, Kalimalang, Waduk Darma, Situ Ciburuy, dan Situ Bagendit.

"Tipe dua ini, termasuk Gunung Padang, membuat destinasi terbengkalai, tidak tertata profesional menjadi tertata, terawat, dan terjaga dengan baik," ujarnya.

Rencananya, penataan situs Gunung Padang akan dimulai tahun depan. Untuk pariwisata tipe dua, Pemprov Jabar akan menyiapkan anggaran sekitar Rp. 40-50 miliar untuk tiap destinasi wisata.

"Jadi diagendakan di 2019, mudah-mudahan di akhir tahun kami ke sana melihat lebih bermartabat dan profesional," jelasnya. 

Kompas TV Tanah Sumba di Nusa Tenggara Timur, memiliki beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com