Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Ingin Ada Kereta Gantung di Situs Gunung Padang

Kompas.com - 24/09/2017, 09:00 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

CIANJUR, KOMPAS.com - Bakal calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkunjung ke Situs Megalitikum Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Sabtu (23/9/2017).

Pria yang akrab disapa Emil ini berjanji membangun infrastruktur yang lebih modern, seperti kereta gantung, jika terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang.

Menurut Emil, kereta gantung bisa menjaga keasrian serta melindungi bebatuan agar situs Gunung Padang tidak banyak terinjak-injak yang berakibat hilangnya bukti-bukti sejarah.

"Dengan begitu, ada jalan alternatif. Jalan yang ada sekarang cukup menguras tenaga," kata Emil, Sabtu sore. 

(Baca juga: Situs Gunung Padang Berdiri di Atas Daerah Rawan Gempa dan Longsor)

Selama di sana, dipandu koordinator juru pelihara situs Gunung Padang, Emil menjelajahi setiap ruang bebatuan di situs tersebut, mulai dari ruang batu kursi, batu lumbung, hingga batu telapak kaki.

Setelah berkeliling, Emil berkesimpulan, situs ini bisa menceritakan kecerdasan nenek moyang bangsa Indonesia yang memanfaatkan bebatuan untuk mengekspresikan kehidupan.

"Setiap level bebatuan ada maksudnya dan di puncaknya diduga ada singgasana," tuturnya. 

Emil berharap, situs tersebut bisa tetap terjaga dan terlindungi dari tangan-tangan jahil yang seringkali merusak bukti-bukti sejarah. Menurut dia, bukti sejarah tersebut patut untuk dilindungi.

"Kita patut bangga, bangsa Indonesia memiliki peninggalan situs budaya yang umurnya diperkirakan sudah ribuan tahun lebih tua dari situs Piramida di Mesir," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com