Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari NTB untuk Sulteng, Ketika Sesama Korban Gempa Saling Berbagi

Kompas.com - 08/10/2018, 09:30 WIB
Amran Amir,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALU, KOMPAS.com – Bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi Biromaru juga datang dari warga Nusa Tenggara Barat (NTB) yang baru saja mengalami bencana gempa bumi.

Bantuan dikumpulkan oleh warga kabupaten Lombok Utara, civitas akademik fakultas pertanian Universitas Mataram dan himpunan alumni IPB di Unram. Bantuan disalurkan melalui Mahasiwa Pecinta Alam Tadulako (Mapatala) Universitas Tadulako (Untad) Palu yang berposko di Islamic Centre samping kampus.

“Solidaritas untuk Palu juga dilakukan oleh warga NTB, dengan mengirim bantuan berupa sembako, terpal, matras, biskuit anak anak, perlengkapan bayi dan anak anak, air mineral dan bahan makanan lainnya,” kata Andi Chairil Ichsan, koordinator bantuan Fakultas Pertanian Unram, kepada Kompas.com, Senin (08/10/2018).

Baca juga: Korban Gempa Lombok Donasikan Stroberi untuk Korban Tsunami Palu

Kata dia, bahwa bantuan yang dikumpulkan selain dari pihak Kampus Unram juga dari petani yang baru saja panen.

"Masyarakat Lombok juga turut merasakan duka yang sama dengan yang dialami warga Palu, Donggala dan Sigi Biromaru. Jadi para petani Lombok yang baru saja panen, mereka menyalurkan sebagian hasilnya kepada korban gempa,”ujarnya.

Sementara itu ketua Mapatala Untad, Ivan mengatakan bahwa bantuan dari Lombok untuk warga korban gempa dan tsunami disalurkan pagi ini di 2 titik parah di kecamatan Palu Utara.

“Kami menyalurkan langsung di 2 titik parah di kecamatan Palu utara yakni di kelurahan Mamboro dan kelurahan Kayu Malue, guna membantu kelangsungan hidup para korban,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com