Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 38 Perguruan Tinggi yang Akan Menampung Mahasiswa Untad Palu

Kompas.com - 04/10/2018, 16:43 WIB
Agie Permadi,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pascagempa dan tsunami di Palu dan Donggala, membuat perkuliahan di Universitas Tadulako (Untad) diberhentikan sementara.

Meski demikian, mahasiswa Untad tetap bisa mengikuti kuliah dalam program sit in di beberapa kampus di Indonesia yang menyatakan kesediaannya untuk membantu. 

"Mahasiswa Untad dipersilakan untuk dapat mengikuti program sit in pada prodi yang berkesesuaian," kata Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Kadarsah dalam rilisnya, Kamis (4/10/2018).

Namun, ada beberapa prosedur program "sit in" bagi mahasiswa Untad. Mahasiswa dipersilakan segera menghubungi dekan fakultas yang memiliki program studi berkesesuaian di PTN tersebut.

Baca juga: BNPB: Ribuan Warga Tinggalkan Kota Palu Pascagempa dan Tsunami

"Atau dapat menghubungi pihak Rektorat sambil menunjukkan kartu pengenal yang sah yang membuktikan bahwa yang bersangkutan adalah mahasiswa Untad," ungkapnya.

"Selanjutnya data mahasiswa peserta program sit in tersebut akan dicatat dan dilaporkan ke dekan terkait di Untad untuk mendapat konfirmasi dan persetujuan," jelasnya.

Untuk nilai mata kuliah pada akhir semester mahasiswa Untad, tetap dikeluarkan pihak Untad, sedang PTN yang menerima program sit ini hanya sebagai tempat kuliah saja.

"PTN penyelenggara program sit in akan memberikan akses pada para mahasiswa Untad untuk dapat mengikuti proses pembelajaran dengan ketentuan yang akan diatur oleh masing-masing PTN," tuturnya.

Dengan begitu, MRPTNI berharap, kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa Untad agar kegiatan akademik pada semester awal tahun akademik 2018/2019, tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Adapun PTN yang telah menyatakan kesediaannya menerima mahasiswa Untad, antara lain:

- Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung

- Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung

- Universitas Diponegoro (Undip), Semarang

- Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com