Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Kirim Tim Penyelamat hingga Uang Rp 4,5 Miliar ke Palu-Donggala

Kompas.com - 04/10/2018, 07:36 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perseoran Astra Group menerjunkan tim penyelamat dan memberikan bantuan uang senilai Rp 4,5 miliar untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

Pengiriman tim rescue ini telah dilakukan dan kini bergabung di posko penanggulangan bencana di Kantor perwakilan PT Astra Agro Lestari Tbk (AAL) di Jalan Garuda Nomor 59 Lolu Utara, Palu Selatan Kota Palu.

"Ada 13 personel Search and Rescue Grup Astra telah berangkat dari Jakarta untuk bergabung di posko tersebut," ujar Pongki Pamungkas, Chief of Corporate Communications, Social Responsibility and Security PT Astra International Tbk, melalui rilisnya, Kamis (4/10/2018).

Selain personel, Astra juga mengalokasikan bantuan Rp 4,5 miliar untuk membantu penanganan korban. Dalam tahap pertama, disalurkan uang Rp 500 juta yang telah diserahkan pada Senin (1/10/3018 lalu.

Ada juga barang kebutuhan lain yang dikirim, antara lain 260 tenda, 60 genset, 1.000 selimut, 1.000 handuk, 6,5 ton beras, 1.900 liter bahan bakar, bahan makanan untuk dapur umum, alat mandi serta kebutuhan bayi dan wanita.

Baca juga: Kisah Seorang Ibu Muda Selamatkan Bayinya Saat Gempa Guncang Palu

Untuk penyaluran bantuan, Astra bekerja sama dengan instansi tekait agar bantuan tepat sasaran atau diterima langsung oleh korban gempa dan tsunami.

Dalam pengiriman bantuan, Astra bekerja sama dengan TNI untuk penyaluran bantuan dan penganan penyaluran, baik di Palu dan Donggala.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban para korban bencana,” tambahnya.

Gempa bumi di Donggala yang disusul Tsunami di Palu mengakibatkan ribuan orang meninggal Dubai.

Baca juga: Bio Farma Kirim Vaksin dan Tim Medis ke Palu-Donggala

Berdasar data dari Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) per 3 Oktober 2018, total jumlah korban tewas mencapai 1.374 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com