Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

200 Personel Brimob Polda Sumsel Dikirim ke Palu Bantu Korban Gempa

Kompas.com - 01/10/2018, 20:37 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sebanyak 200 personel dari anggota Brigade Mobil (Brimob) Polda Sumatera Selatan dikirim ke kota Palu, Sulawesi Tengah, untuk membantu proses evakuasi para korban bencana gempa dan tsunami.

Para personel tersebut direncanakan berangkat pada Selasa (2/10/2018) dini hari nanti sekitar pukul 01.00 WIB dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Komandan Satuan Brimob Polda Sumsel, Kombes Pol Yuri Karsono mengatakan, seluruh personel tersebut akan terbang menuju Balikpapan menggunakan maskapai penerbangan komersil Lion Air.

Setelah dari Balikpapan, para anggota baru menuju Palu menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara.

“Mereka diperbantukan sampai situasi kondusif dan dipimpin langsung oleh AKBP Eko Yudi Kaden B Pelopor Brimob Polda Sumsel,” kata Yuri saat dikonfirmasi, Senin (1/10/2018).

Baca juga: Polda Jabar Kirimkan 200 Personel Brimob dan Tim Medis ke Palu

Yuri melanjutkan, seluruh personel juga dilengkapi dengan berbagai peralatan hingga perbekalan, seperti alat pemotong besi dan tali temali untuk proses evakuasi.

Sementara, untuk bantuan logistik sendiri akan diakomodasi langsung oleh Polda Sumsel.

“Perbekalan kepada anggota cukup untuk satu pekan, karena tidak memungkinkan membawa banyak. Namun, logistik para korban nanti dikirim oleh Polda Sumsel. Sekarang difokuskan dulu ke lokasi untuk membantu evakuasi,” ujarnya.

Baca juga: Kemensos Siagakan 6 Mobil Dapur Umum di 5 Lokasi Gempa di Palu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com