Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Indahnya Tanah Gayo di Takengon, Semua Stres Hilang Sejenak"

Kompas.com - 23/09/2018, 23:57 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

TAKENGON, KOMPAS.com - Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan istrinya, Siti Ruby Aliya Rajasa atau Aliya, mengunjungi Takengon, Aceh Tengah, Aceh, Jumat (21/9/2018), dalam rangkaian kegiatan Saweu Aceh 2018.

Bersama rombongan Fraksi Partai Demokrat DPR RI dan Persaudaraan Istri Anggota (PIA), keduanya sesekali tampak mesra dalam sejumlah momen.

Kemesraan keduanya mulai tampak saat turun dari mobil Alphard di depan Gedung Olah Seni (GOS) Takengon, pasangan ini bersama rombongan disambut dengan tari Guel, sebuah tarian tradisional Gayo Lut, dari Takengon.

Lalu, baik Ibas maupun Aliya langsung dikenakan Upuh Ulen-ulen oleh Ketua DPC Partai Demokrat Aceh Tengah, Ismail.

Upuh Ulen-ulen adalah selembar kain bermotif kerawang khas Suku Gayo yang menempati daerah itu. Kain ini biasanya dikenakan oleh pengantin pria dan wanita dalam sebuah upacara pernikahan.

Upacara penyambutan dalam tradisi Gayo pun diterima oleh Ibas maupun Aliya. Keduanya terlebih dahulu mendapatkan ritual tepung tawar, yakni sebuah ritual dengan menggunakan media jenis bunga dan beras serta air.

Seorang perempuan sesepuh adat menyematkan bunga yang baru dicelupkan air bercampur beras tersebut ke bagian kepala, bahu kanan dan bahu kiri keduanya, sembari membacakan doa agar Ibas dan Aliya mendapatkan keberkahan.

Edhie Baskara Yudhoyono (Ibas) beserta istri, Siti Ruby Aliya Rajasa (Aliya), saat berada di atas ketinggian puncak Bur Pantan Terong, sebuah perbukitan dengan lanskap Danau Laut Tawar yang dikelilingi pengunungan.KOMPAS.com/ Iwan Bahagia Edhie Baskara Yudhoyono (Ibas) beserta istri, Siti Ruby Aliya Rajasa (Aliya), saat berada di atas ketinggian puncak Bur Pantan Terong, sebuah perbukitan dengan lanskap Danau Laut Tawar yang dikelilingi pengunungan.

Bersama rombongan, pasangan ini lalu disambut dengan Tari Guel, tari tradisional Gayo yang bercerita tentang kisah membangunkan Gajah Putih. Aliya menggandeng erat lengan Ibas sembari menyaksikan tarian penyambutan tersebut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan seremoni di dalam ruangan. Ibas yang masih mengenakan Upuh Ulen-ulen menyampaikan apa yang telah dilakukan oleh Fraksi Demokrat selama ini, serta harapan partai berlambang bintang mercy tersebut pada usianya yang ke-17 tahun.

Setelah acara selesai, Ibas dan Aliya membagikan ratusan paket sembako kepada masyarakat yang telah mendapatkan kupon untuk kegiatan itu.

Sekitar pukul 12.00 WIB, kegiatan selesai. Ibas bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Masjid Agung Ruhama untuk shalat Jumat.

Kemesraan Ibas dan Alya berlanjut setelah makan bersama di Kampung One-one, Kecamatan Kebayakan, sebuah kampung kuliner tradisional yang berada di pinggiran Danau Laut Tawar.

Pasangan ini kemudian berpose dengan latar belakang Danau Laut Tawar dan Bur (Bukit) Birah Panyang. Saat berpose, Ibas memeluk istrinya.

Ibas dan Aliya lalu melanjutkan perjalanan menuju kampung ekonomi kreatif, di Kampung Bebesen, Kecamatan Bebesen.

Di kampung yang didominasi pengerajin kerawang Gayo itu, Alya sempat memberikan sedikit program PIA FPD, organisasi yang dipimpinnya, kepada puluhan perempuan pegiat UMKM di kampung tersebut.

Setelah itu, Alya bersama anggota PIA FPD membeli sejumlah hasil karya para pengerajin kerawang Gayo yang berada tidak jauh dari lokasi pertemuan tadi.

Tidak lama menyusul Ibas menuju lokasi itu, sembari melihat berbagai jenis produk yang dihasilkan oleh para pengerajin. Keduanya bahkan sempat berpose di lokasi tersebut.

Berikutnya, rombongan bergerak ke Oro Coffee, perusahaan eksportir kopi Arabika Gayo milik Haji Rasyid, yang berada di Kampung Mongal, Kecamatan Bebesen.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com