Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama Rombongan Demokrat, Ibas dan Aliya Nikmati Jamuan Khas Gayo

Kompas.com - 22/09/2018, 07:07 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TAKENGON, KOMPAS.com - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan istrinya, Siti Ruby Aliya Rajasa atau Aliya mengunjungi Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, dalam rangkaian Saweu Aceh 2018, Jumat (21/9/2018).

Kedua pasangan ini tampak menikmati sajian masakan khas Gayo, yakni Asam Jing (Asem Pedas) dan Cecah Terong Angur (Sambal Terong Belanda) di sebuah rumah makan di kawasan wisata kuliner Kampung One-one, Kecamatan Lut Tawar, atau tidak jauh dari pinggiran Danau Lut Tawar.

"Rasanya enak sekali, harus dikemas dengan varian rasa lain. Termasuk makanan yang menjadi kebanggaan di Takengon atau di Tanah Gayo ini," kata Ibas kepada Kompas.com, usai menikmati makanan tersebut.

Baca juga: Makna Unik Nama Putri Ibas-Aliya Rajasa, Gayatri Idalia Yudhoyono

Ia menjelaskan, sumber bahan baku makanan tradisional itu harus dipertahankan oleh masyarakat Gayo. Khusus untuk Asam Jing dan Ikan Bakar, Ibas punya pendapat sendiri. Ibas mengakui masakan khas Gayo itu sangat terasa lezat baginya.

"Ada rasa asam, manis, pedas, bercampur tetapi nikmat semuanya. Apalagi ikan mujahir bakarnya," ucap Ibas. Pasangan ini menghabiskan waktu di Tanah Gayo bersama 11 anggota Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR RI dan 13 anggota Persaudaraan Istri Anggota (PIA) FPD.

Setelah jamuan makan selesai, Ibas beserta istri beserta rombongan kemudian sempat berpose di pinggiran Danau Laut Tawar, dengan berlatarkan pemandangan Bur (bukit) Birah Panyang.

Sebelumnya ibas juga memberikan sambutan dan memberi sembako kepada 500 masyarakat dari Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah dalam acara peringatan HUT ke-17 Partai Demokrat di Gedung Olah Seni Takengon.

Kegiatan itu merupakan rangkaian FPD DPR Saweu Aceh yang di gelar sejumlah daerah di Aceh, diantaranya Sabang, Banda Aceh dan Takengon, pada tanggal 20-22 September. Kegiatan itu dilaksanakan oleh FPD DPR RI dan PIA FPD Persatuan Istri Anggota (PIA) FPD DPR RI Saweu Aceh 2018 di 20-22 September 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com