Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moeldoko Ingin Gerakan Tukar Dollar ke Rupiah Menular ke Daerah Lain

Kompas.com - 21/09/2018, 07:15 WIB
Ghinan Salman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko meminta gerakan moral penukaran dollar AS ke mata uang rupiah tidak hanya ada di Jawa Timur.

Menurut Moeldoko, langkah positif itu perlu dilakukan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab moral bagi pengusaha untuk bisa bersama-sama meringankan beban bangsa.

"Bukan hanya meringankan beban pemerintah, tapi semuanya. Saya yakin gerakan pengusaha di Jawa Timur akan memberi inspirasi kepada yang lain," ucap Moeldoko di Hotel Majapahit, Surabaya, Kamis (20/9/2018).

Moeldoko memastikan, gerakan yang dilakukan asosiasi pengusaha di Jawa Timur tidak ada kaitannya dengan kepentingan politik.

Baca juga: Ingin Rupiah Stabil, Asosiasi Pengusaha Jatim Tukar 50 Juta Dollar AS

Moeldoko menegaskan, pemerintah hanya tidak ingin nilai dollar AS terus bergejolak.

"Pengusaha juga tidak ingin ini terjadi. Maka harus ada kolaborasi dan sinergi positif antara pengusaha dan pemerintah. Ini langkah nyata," katanya.

Oleh karena itu, imbuh Moeldoko, gerakan semacam ini diharapkan bisa memberi motivasi kepada para pengusaha di daerah lain untuk bersama-sama menguatkan kembali nilai rupiah.

Moeldoko menginginkan gerakan moral penukaran dollar AS bisa menular ke setiap daerah di Indonesia. Dengan demikian, secara perlahan ekonomi Indonesia diharapkan bisa kembali stabil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com