Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bonus Asian Games Rp 3 Miliar, Ini yang Dilakukan Pasangan Pesilat Sarah-Iqbal

Kompas.com - 06/09/2018, 12:22 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com - Nama Sarah Tria Monita mendadak terkenal. Itu setelah dia menyabet medali emas atas kepesertaannya dalam cabang olahraga pencak silat dalam gelaran Asian Games 2018 yang baru saja usai itu.

Capaiannya itu mendapat ganjaran yang lumayan besar dari pemerintah. Mulai dari bonus uang tunai sebesar Rp 1,5 miliar, rumah, hingga pekerjaan tetap sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Lalu, apa saja yang akan dilakukan Sarah terhadap uang yang cukup banyak itu?

Gadis berusia 23 tahun asal Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, itu mengaku memang sudah mempunyai beberapa rencana penggunaan uang itu.

Baca juga: Tumbangkan Wakil Laos, Pesilat Sarah Tria Sumbang Emas bagi Indonesia

Uang pendapatannya akan digabungkan dengan uang Iqbal Candra Pratama (22), suaminya yang juga mendapat medali emas dalam event olahraga besar dunia itu. Sehingga total uang yang didapat Rp 3 miliar.

"Saya dan suami sudah sepakat mengelola bersama," ujar Sarah saat ditemui di Kediri, Rabu (5/9/2018) malam.

Pertama yang dilakukannya, kata dia, akan dipergunakannya untuk berzakat. Besaran zakat yang dikeluarkannya sekitar 2,5 persen dari jumlah total uangnya.

Baca juga: Pesilat Peraih Emas Asian Games Iqbal Chandra Disambut Meriah Warga Samarinda

Yang ke dua, putri bungsu dari 3 bersaudara ini juga akan memberangkatkan dua orang keluarganya untuk berhaji ke tanah suci, yaitu ibunya dan mertuanya.

Rencana selanjutnya dan yang paling pokok adalah penggunaan untuk membuka usaha. Ini kata dia adalah rencana utama. Dia menyadari betul uang jika tidak dikelola dengan baik akan lekas habis.

Dia juga menyadari profesinya sebagai atlet tidak akan berlangsung selamanya sehingga menuntutnya berpandangan jauh ke depan.

Baca juga: Mengenal Pesilat Hanifan YK, Peraih Medali Emas Asian Games 2018

"Makanya kami akan buka usaha," lanjut Sarah yang pulang ke Kediri tanpa didampingi suaminya itu.

Hanya saja saat ini dia belum mempunyai pandangan jenis usaha yang akan dilakukannya. Dia masih akan memikirkannya sembari melanjtukan rutinitasnya saat ini.

Baca juga: INFOGRAFIK Asian Games: Medali Emas Ke-19, Sarah Tria Monita

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com