Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Restu Jadi Cawapres, Ma'ruf Amin Ziarah ke Makam Pendiri NU

Kompas.com - 03/09/2018, 16:42 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Reni Susanti

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ma'ruf Amin, berziarah ke makam pendiri NU, di Jombang, Jawa Timur, Senin (3/9/2018).

Didampingi Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, Ma'ruf Amin terlebih dulu menziarahi makam KH Hasyim Asy'ari di Pesantren Tebuireng, Jombang.

Bersebelahan dengan makam kiai kharismatik pendiri NU itu, terdapat makam KH Wachid Hasyim, pahlawan nasional sekaligus putra KH Hasyim Asy'ari. Serta makam Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Ma'ruf Amin didampingi Cak Imin datang ke Pesantren Tebuireng Jombang pada pukul 13.08 WIB.

Baca juga: Maruf Amin: Jika Terpilih, Saya Wapres Pertama yang Bersarung

Sebelum berziarah, cawapres pendamping Jokowi itu bersilaturahim dengan para pengurus dan pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang di dalem kasepuhan.

Tak berselang lama, Ma'ruf Amin didampingi Cak Imin dan pengasuh Pesantren Tebuireng menuju komplek pemakaman.

Di makam pendiri dan penggerak NU, Ma'ruf Amin bersama rombongan melantunkan doa dan tahlil.

Ma'ruf Amin menyatakan, kegiatannya berziarah ke makam para pendiri NU bertujuan untuk tawassul, sekaligus meminta restu atas pencalonan dirinya sebagai wakil presiden pendamping Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019.

"Saya ini kan Rais Aam PBNU, saya dipilih sebagai calon wakil presiden. Jadi, saya sowan kepada kiai-kiai, ke para pendiri NU yang sudah meninggal dunia," ujar Ma'ruf Amin seusai berziarah ke makam Rais Akbar PBNU, KH Hasyim Asy'ari, di Pesantren Tebuireng Jombang.

Baca juga: Maruf Amin Sebut Ketua Tim Kampanye Akan Diumumkan 7 September

Sebelumnya diberitakan, Ma'ruf Amin menyatakan bakal meninggalkan jabatan Rais Aam PBNU, saat dirinya ditetapkan KPU sebagai cawapres pendamping Jokowi pada Pilpres 2019.

Usai dari Pesantren Tebuireng, Ma'ruf Amin dan rombongan menuju makam KH Wahab Chasbullah, pendiri NU yang dimakamkan di kawasan Pesantren Tambakberas Jombang.

Di makam pahlawan Nasional tersebut, Ma'ruf Amin memanjatkan doa ditemani pengasuh dan pengurus Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

Kompas TV Dalam sambutannya Presiden meminta agar proses pembangunan selesai sebelum musim penghujan tiba, Senin (3/9).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com