Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 ABK Kapal Bunga Hati 2 yang Dilaporkan Hilang Ditemukan di Sampit

Kompas.com - 06/08/2018, 08:00 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah beberapa hari dilakukan pencarian, akhirnya ke-13 penumpang Kapal Bunga Hati 2 berhasil ditemukan dan diselamatkan.

Koordinator Humas dan Protokoler Basarnas Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan bahwa info tersebut didapat dari salah satu kru dari 13 penumpang Kapal Bunga Hati 2 yang bernama Maslani pada Minggu (5/8/2018).

"Infonya bahwa 13 Pob Bunga Hati 2 diselamatkan dan dibawa oleh Kapal MT Bahari Maju 2 menuju ke pelabuhan Sampit di Kalimantan Tengah," kata Joshua melalui pesan singkatnya, Minggu (5/8/2018).

Penyelematan tersebut terjadi pada Jumat (3/8/2018), sekira pukul 06.30 Wib. Saat itu Kapal SPOB Bahari maju 2 tengah dalam perjalanan dari Bojonegoro - Cilegon menuju Pelabuhan Bagendang Sampit di Kalimantan Tengah.

Baca juga: Kapal Bunga Hati Terbalik di Perairan Indramayu, 13 Penumpang Hilang

Salah satu kru kapal Bahari Maju 2 yang tengah melakukan jaga navigasi tiba-tiba melihat sebuah perahu nelayan dalam keadaan terbalik.

"Di atas perahu terbalik itu terdapat kru kapal yang melambaikan kain sambil berteriak minta tolong," katanya.

Setelah memastikan dengan teropong, pihak kru kapal Bahari Maju 2 memastikan bahwa perahu itu mengalami kecelakaan dan para anak buah kapalnya (ABK) yang meminta pertolongan.

Meski kondisi laut saat itu tidak bersahabat dimana kecepatan angin sekitar 18 knot, dan ketinggian ombak sekitar 3-4 meter, namun tanpa banyak pertimbangan Kapal Bahari Maju 2 memutar balik haluan untuk menolong para korban tersebut.

"Setelah jarak sudah dekat, para ABK berhasil di evakuasi dengan tali dan pelampung yang selanjutnya ditarik ke atas kapal," katanya.

Pada pukul 08.30 Wib, ABK tersebut berhasil diselamatkan dan dilakukan pendataan oleh pihak Kapal Bahari Maju 2.

Baca juga: Kapal Bunga Hati Terbalik, Nakhoda dan 12 ABK Belum Ditemukan

 

Didapatkan keterangan bahwa kapal tersebut berasal dari Indramayu, namun setelah melakukan pengecekan di peta, Kapal Bahari Maju 2 melanjutkan pelayaran menuju Sampit dikarenakan, setelah dilakukan berbagai pertimbangan untuk mengembalikan para ABK tersebut ke Indramayu sangat tidak memungkinkan.

Adapun ABK yang berhasil selamat tersebut terdiri dari: Nahkoda kapal Mas Lani (39), Motoris Trisno Purnomo (24), Supriyanto (23), Wardani (34), Ferdian (18), Warno (41), Kaerun (42), Mahendra (23), Toni (23), Wahyono (45), Omang Adiyanto (31), Bagja (37), Ernoto (20).

"Kondisi korban dalah keadaan sehat," katanya.

Dengan ditemukannya para ABK Kapal Bunga Kasi 2, maka pencarian pun dinyatakan ditutup. "Operasi SAR bunga Kasi 2 dinyatakan ditutup," tegasnya.

Kompas TV Ke-13 anak buah kapal berhasil bertahan berada di Kapal Bunga Hati Dua yang terbalik di Laut Jawa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com