Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Bunga Hati Terbalik, Nakhoda dan 12 ABK Belum Ditemukan

Kompas.com - 04/08/2018, 19:02 WIB
Caroline Damanik

Editor

INDRAMAYU, KOMPAS.com - Kapal Bunga Hati 2 terbalik di laut Indramayu, Jawa Barat, Jumat (3/8/2018).

Kapal tersebut berangkat pada Kamis (2/8/2018) sekitar pukul 16.00 WIB berpenumpang seorang nakhoda dan 12 anak buah kapal (ABK).

Seorang pemilik kapal, Guntur, mengatakan dirinya mendapatkan informasi kapalnya terbalik dari seorang nakhoda di Kalimantan sekitar pukul 03.00 WIB.

Baca juga: Pesan WA Terakhir Sopir Taksi Online: Ini TKP-nya, Gw Kejebak Bro...

Dari hasil pencarian Tim Kapal KN 206, Basarnas Jabar, kapal nelayan Bunga Hati 2 yang terbalik telah ditemukan di sekitar 40 mil dari Pantai Indramayu. Namun, nakhoda dan 12 ABK belum ditemukan.

"Pukul 10.30 WIB kapal sudah ketemu sudah berhasil ditemukan beserta jaring dan drum, hanya saja ABK belum ketemu," kata Guntur di Indramayu, Jumat.

Menurut dia, saat kapal tersebut terbalik, ada kapal umum yang pertama datang dan berhenti. Kapal itu melihat kapal Bunga Hati 2 terbalik dari jarak sekitar 4 mil.

"Saya berharap kapal itu membawa seorang nakhoda dan 12 ABK yang ada di sana. Kemungkinan dibawa kapal itu," tuturnya.

Baca juga: Cerita Lengkap Ibu Lurah Pura-pura Mati agar Selamat dari Upaya Pembunuhan

Kasat Patroli Daerah Ditpolair Polda Jabat AKBP Didit Eko Herawanto mengatakan bahwa kapal bertolak dari Pelabuhan Karangsong Indramayu menuju laut Jawa untuk mencari ikan.

Kapal yang bernama Bunga Hati 2 dan berkapasitas 27 GTitu terbalik di titik kordinat 05 35' 50" S - 108 31' 00" E dengan jarak dan radial dari Pelabuhan Cirebon 85 Nm/375 derajat.

"Kami menerima laporan sekitar pukul 07.00 WIB dari pemilik kapal bahwa kapalnya terbalik. Kami langsung berkoordinasi dengan Basarnas, TNI AL, Ditpolair Polda Jabar, dan Polres Indramayu," katanya saat berada di Indramayu, Jumat.

Berdasarkan informasi sementara yang dihimpun, nakhoda bernama Maswani. Sementara itu, ke-12 ABK adalah Trisno P, Herun, Hendra, Roni, Yono, Wardani, Yusuf, Bagja, Komang, Warno, Dian, dan Eeng.

Semua korban merupakan warga Indramayu dan masih dalam tahap pencarian serta pendataan lebih lanjut oleh petugas.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kapal Bunga Hati 2 Ditemukan di Sekitar Pantai Indramayu, Nakhoda dan 12 ABK Masih Hilang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com