Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Wesa Melahirkan Dua Anaknya, Si Manis pun Menyusul...

Kompas.com - 27/07/2018, 12:21 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Avatar, harimau Benggala jantan, setia menemani Wesa, pasangannya, melewati 115 hari masa kehamilan.

Akhirnya pada Kamis petang, 12 Juli 2018 lalu, lahirlah dua bayi Phantera Tigris-tigris dari rahimnya. Pasca melahirkan, Wesa harus berpisah dengan Avatar. Wesa bersama dua bayinya menghuni kandang khusus.

"Proses kelahirannya normal, saat ini induk dan bayinya ada di kandang khusus. Kami belum bisa mengetahui jenis kelamin bayinya karena khawatir, kalau bayinya dipegang, induknya tidak mau lagi menyusui," kata Sucitrawan, dokter hewan di Medan Zoo, Jumat (27/7/2018).

Kedua bayi harimau Benggala itu beratnya masing-masing diperkirakan satu kilogram. Dari hasil dokumentasi yang diperlihatkan Medan Zoo, keduanya memiliki warna berbeda, kuning dan putih.

 

Sucitrawan mengatakan, tidak ada perlakuan khusus yang diberikan kepada dua anak harimau tersebut sebab Medan Zoo ingin mereka berkembang secara alami.

Baca juga: 2 Kambing Warga Dimangsa Anak Harimau yang Sedang Belajar Berburu

Untuk makan, dia bilang, seekor harimau dewasa bisa menghabiskan enam kilogram daging segar setiap hari. Khusus buat Wesa yang baru melahirkan, Medan Zoo menambah dua kilogram daging ke dalam porsi makannya dan vitamin.

"Kami tambah makanannya dan vitamin karena sedang menyusui," ucap perempuan yang biasa dipanggil Suci itu.

Kehadiran dua penghuni baru di kebun binatang Medan ini menambah jumlah koleksi Harimau Benggala menjadi tujuh ekor. Pihak Medan Zoo belum memikirkan nama yang akan diberikan karena harus urun rembug dulu dengan pihak terkait.

Si Manis menyusul...

Usai Wesa melahirkan dua anaknya, Si Manis pun segera menyusul. Induk Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) ini, sedang hamil tua.

"Tinggal menunggu waktu saja," kata Suci.

Menurutnya, kandungan Si Manis sudah 115 hari, padahal berbagai sumber menyebutkan, umur kehamilan Harimau Sumatera adalah 103 hari.

Dalam satu kali kehamilan, harimau ini bisa melahirkan dua sampai tiga ekor sekaligus. Bahkan pernah sampai enam ekor bayi dilahirkan oleh satu induk.

Baca juga: BBKSDA Riau Selidiki Temuan Jejak Harimau Sumatera di Kebun Karet Warga

"Delapan minggu pertama, anak harimau hanya mengkonsumsi susu dari induknya," ungkap Suci.

Direktur Perusahaan Daerah Pembangunan Kota Medan Putrama Alkhairi membenarkan terjadi penambahan populasi di Medan Zoo dengan kelahiran Harimau Benggala dan Sumatera.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com