Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Korban Kapal Terbalik di Jember Terkendala Cuaca Buruk  

Kompas.com - 19/07/2018, 17:29 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com - Pencarian 7 nelayan korban kapal terbalik akibat diterjang ombak tinggi di perairan Plawangan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur, terkendala cuaca buruk.

Ombak yang cukup tinggi mengakibatkan petugas gabungan terdiri dari kepolisian, Basarnas, BPBD, dan TNI Angkatan Laut, untuk sementara menyusuri di pinggir laut.

“Karena ombaknya cukup tinggi, kami tim gabungan untuk sementara melakukan pencarian tidak terlalu ke tengah dulu,” kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo kepada Kompas.com, Kamis (19/7/2018).

Selain itu, petugas juga meminta kepada masyarakat dan keluarga yang berdatangan ke lokasi untuk tidak terlalu mendekat ke sekitar pantai, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

“Kami membuat batas aman agar warga tidak mendekat ke lokasi kalau ada yang jatuh dan terseret ombak akhirnya menambah korban lagi. Nah, ini yang tidak kami inginkan,” terang Kusworo.

Baca juga: Kapal Dihantam Ombak Tinggi, 5 Nelayan Tewas dan 7 Orang Hilang

Seperti diberitakan, sebuah kapal penangkap ikan milik seorang nelayan bernama Dirman, warga Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kamis pagi sekitar pukul 08.15 pagi dihantam ombak di perairan Plawangan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur.  

Akibatnya, 5 orang anak buah kapal (ABK) dilaporkan tewas, 9 selamat,dan 7 orang masih dalam proses pencairan.

Baca juga: Kapal Terbalik di Jember, Ini Daftar Korban Tewas dan Hilang

Kompas TV Tersangka kasus kandasnya KM Lestari Maju di perairan kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com