Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Petinju Nasional Damianus Yordan Maju Jadi Caleg DPRD Provinsi Kalbar

Kompas.com - 18/07/2018, 09:33 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Mantan petinju nasional Damianus Yordan maju sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Provinsi Kalimantan Barat lewat Partai Perindo.

Damianus yang merupakan abang kandung petinju Daud 'Cino' Yordan ini maju dari daerah pemilihan (dapil) 8 yang meliputi Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

Ditemui usai menyerahkan berkas pendaftaran di KPU Provinsi Kalbar, Damianus mengatakan bergabung sebagai bakal calon legislatif melalui partai politik adalah sangat penting.

Karena menurutnya hanya dengan melalui panggung politiklah seseorang bisa mendapatkan kekuasaan.

"Apapun kepintaran dan kehebatan kita, tapi dikalahkan oleh segenggam kekuasaan," ujar Damianus, Selasa (17/7/2018) malam.

Baca juga: Daud Yordan Tetap Ditangani Damianus

"Nah itu yang membuat saya tertarik ke dunia politik," sambungnya.

Damianus menambahkan, meski latar belakang dirinya adalah olahragawan, dirinya rela berkorban untuk terjun ke dalam dunia politik praktis.

Damianus yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPC Partai Perindo Kabupaten Ketapang juga melepas dan berhenti sebagai pegawai negeri sipil.

"Karena saya melihat bahwa ini adalah tempat untuk kita bisa merubah apabila kita ingin mendapatkan kekuasaan itu," ungkapnya.

Baca juga: KPU Bangka Belitung: Hanya PKPI Tidak Mendaftarkan Bacaleg

Alasan bergabung ke Partai Perindo, sebut Damianus salah satunya adalah karena dirinya mantan atlit binaan salah satu stasiun televisi milik ketua umum Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT).

"Jujur saya adalah mantan atlit yang binaan RCTI dulu, karena saya mantan petinju dan adik saya (Daud Yordan) juga petinju dan masih aktif," ujarnya.

Berbicara masalah tinju, sambung Damianus, pasti juga orang akan membicarakan televisi miliknya pak HT.

"Saya mengikuti beliau, dan tentu ini merupakan ungkapan terima kasih selama ini karena saya sampai ke level ini karena ada kesempatan yang diberikan oleh beliau di dunia tinju melalui siaran televisi yang dimiliki oleh HT," katanya.

Baca juga: Mantan Gubernur Kalbar Cornelis Maju Jadi Caleg DPR RI dari PDI-P

"Itulah yang membuat saya ikut ke Perindo, dan Perindo adalah tempat saya menyampaikan aspirasi kami dari dunia olahraga dan anak-anak muda yang punya potensi khususnya untuk meningkatkan sumber daya kamu muda," tutupnya.

Kompas TV Sementara, posisi Ketua Umum Muhaimin Iskandar masih dirahasiakan apakah ikut kontestasi legislatif atau tidak.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com