Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Gubernur Kalbar Cornelis Maju Jadi Caleg DPR RI dari PDI-P

Kompas.com - 18/07/2018, 05:55 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan,
Laksono Hari Wiwoho

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Mantan Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR RI periode 2019-2024.

Cornelis menyerahkan berkas pendaftaran caleg tingkat DPRD Provinsi Kalbar di Kantor KPU Kalbar, Jalan Subarkah, Pontianak, Selasa (17/7/2018) sekitar pukul 22.30 WIB.

Ia maju sebagai caleg DPR RI melalui PDI Perjuangan seusai masa jabatannya sebagai gubernur dua periode.

"Sesuai perintah partai, kita jalankan tugas dan tanggung jawab itu," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar tersebut, Selasa malam.

Cornelis enggan membeberkan target kursi di DPR RI karena, menurutnya, saat ini yang terpenting adalah mengumpulkan terlebih dahulu sebanyak-banyaknya suara PDI Perjuangan di Kalimantan Barat.

"Hanya 8 kursi, sedangkan yang memperebutkannya banyak. Yang penting kumpulkan dulu suara PDI Perjuangan," ujarnya.

Terkait penyerahan berkas pencalonan legislatif tingkat DPRD provinsi, Cornelis menyatakan bahwa seratus persen kuota yang disediakan sudah terpenuhi. "Termasuk keterwakilan 30 persen perempuan," ujarnya.

Cornelis optimistis partainya dapat melebihi target jumlah kursi PDI-P di Kalbar. Saat ini Fraksi PDI Perjuangan memiliki 15 kursi di DPRD Provinsi Kalbar.

"Secara hitung-hitungan dengan jumlah suara yang dulu, perhitungan sekarang lebih menguntungkan kita, mungkin bisa lebih," kata dia.

Ia menilai perebutan kursi wakil rakyat kali ini akan semakin sulit karena jumlah partai politik yang bertarung bertambah. Karena itu, perlu keuletan dan kerja keras untuk mendapatkan kursi DPR maupun DPRD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com