Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Bacaleg, KPU Garut Berharap Server KPU Pusat Tidak "Down" Lagi

Kompas.com - 17/07/2018, 12:22 WIB
Ari Maulana Karang,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut berharap server KPU pusat tidak kembali "down" seperti saat penghitungan suara Pilkada lalu saat partai-partai menginput daftar calon legislatif yang akan maju dalam Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.

"Mudah-mudahan tidak ada (down lagi)," jelas Lia Juliasih, komisioner KPU Garut divisi Teknik dan partisipasi masyarakat saat ditemui di Kantor KPU Garut, Senin (16/7/2018).

Lia mengakui, pasca server KPU "down" pada Pilkada lalu, informasi yang diterimanya KPU pusat telah melakukan beberapa perbaikan. Dia berharap server KPU tidak sampai down lagi saat parpol melakukan input data bakal calon legislatif.

Lia menyampaikan, mestinya sebelum parpol mendaftarkan berkas bakal caleg mereka ke KPU, mereka sudah melakukan input data calon secara online lewat Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU. Minimal, mereka telah melakukan submit pada Silon. Namun kenyataannya tampaknya sulit.

Baca juga: Suap Pilkada Garut, Ketua KPU Garut Akui Sempat Ditawari Sejumlah Uang

"Tapi juga kendala di internal parpol atau di server KPU-nya, karena juga banyak yang harus di upload hari ini, itu juga jadi kesulitan parpol," katanya.

Di Garut sendiri, hingga Senin (16/7/2018) baru ada satu partai politik yang telah mendaftarkan nama bakal calon legislatifnya yaitu Partai NasDem. Makanya, pendaftaran bakal caleg dari parpol akan bertumpuk besok yang merupakan hari terakhir.

"Sepertinya semua tertumpuk di hari ini dan besok, tapi untuk Silon bukan hanya soal servernya saja, tapi juga nomor urutnya (nomor urut bacaleg), kalau mereka mengisikan dokumen dan nomor urutnya belum ada, dokumennya ditolak," katanya.

Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Garut Tubagus Hamzah mengakui sulitnya upload data Bacaleg ke Silon KPU karena servernya ada di KPU Pusat.

"Dari kita tidak ada kesulitan, hanya memang masalahnya loading lama saat upload data," katanya.

Baca juga: KPU Laporkan Komisioner KPU Garut ke DKPP untuk Disidang

Meski demikian, semua data bacaleg Partai Nasdem untuk DPRD Garut telah selesai di-upload ke server KPU. Makanya, Senin (16/7/2018) partainya mendatangi KPU Garut untuk mendaftarkan nama-nama Bacaleg ke KPU.

"Semua daerah pemilihan terisi penuh, kita daftarkan 50 orang Bacaleg untuk Garut," kata Bagus yang ditemui usai mendaftarkan nama-nama bacaleg partainya ke kantor KPU Garut, Senin (16/7/2018) siang.

Selasa (17/7/2018) besok, dipastikan 15 parpol lainnya yang telah terdaftar di KPU Garut akan melakukan pendaftaran Bacaleg. Selain itu, mereka pun akan melakukan input data bacaleg mereka secara online ke Silon KPU yang servernya ada di KPU pusat. 

Kompas TV Batas akhir pendaftaran bakal calon anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kian dekat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com