Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Rafflesia Albino Mekar di Bengkulu, Disebut Jenis Baru

Kompas.com - 02/07/2018, 16:04 WIB
Firmansyah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BENGKULU, KOMPAS.com - Fenomena unik terjadi di kawasan hutan di Desa Pagar dan Desa Napal Melintang di Kabupaten Seluma, Bengkulu. Di hutan desa ini, mekar bunga rafflesia dengan warna putih. 

Bunga rafflesia tersebut ditemukan warga secara tidak sengaja. Saat ditemukan, bunga tersebut sudah mekar beberapa hari.

“Warnanya putih seperti pucat. Berbeda dengan warna bunga rafflesia yang umumnya jingga,” kata Yolanda, warga yang menemukan bunga tersebut, Senin (2/7/2018).

Diameter bunga sekitar 60 sentimeter. Masih ada beberapa bonggol atau calon bunga rafflesia yang akan mekar. Saat ini kondisi bunga yang sudah mekar tersebut sudah mulai berwarna hitam atau mulai membusuk karena telah beberapa hari mekar.

Baca juga: Di Ogan Ilir, Bunga Rafflesia Ditemukan Tumbuh di Samping Rumah Warga

Pemerhati Rafflesia sp yang juga dosen Universitas Bengkulu, Agus Susatya mengatakan, bunga rafflesia dengan warna tak biasa itu patut dicurigai sebagai jenis baru.

“Belum pernah ada bunga rafflesia berwarna albino atau berubah warna dari warna utama jenisnya, yakni merah dan jingga,” ucapnya.

Ia sebutkan dirinya justru tertarik untuk melakukan riset dan pemantauan terhadap dugaan spesies baru rafflesia berwarna putih tersebut.

Sementara itu mekarnya rafflesia putih menarik perhatian banyak warga. Septi, salah satu warga Kota Bengkulu, nekat mengunjungi lokasi hanya untuk melihat mekarnya bunga rafflesia putih.

"Baru pertama kali ada bunga rafflesia putih. Saya penasaran," demikian Septi.

Baca juga: Bunga Rafflesia Berkelopak 6 Mekar Sempurna di Bengkulu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com