Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Real Count KPU, Gubernur Petahana Maluku Utara Sementara Unggul

Kompas.com - 28/06/2018, 14:33 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TERNATE, KOMPAS.com - Hasil hitung cepat Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pilkada Maluku Utara 2018 berdasarkan entri data form C1, hingga Kamis (28/6/2018) pukul 14.45 WIT, paslon gubernur petahana Abdul Gani Kasuba dan wakilnya Al Yasin Ali (AGK-Ya) unggul sementara.

Dari 2.137 Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang masuk sudah mencapai 1.605 atau 76,11 persen.

Paslon nomor urut 3, AGK-Ya yang diusung PDIP dan PKPI itu meraih 126.921 suara atau 30,42 persen, disusul paslon nomor urut 1, Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar (AHM-Rivai) yang diusung Partai Golkar dan PPP dengan 120.015 suara atau 28,76 persen.

Sementara paslon nomor urut 2, Burhan Abdurahman dan Ishak Djamaluddin (Bur-Jadi) yang diusung Partai Hanura, Demokrat, Nasdem, PBB dan PKB meraih 121.677 suara atau 29,16 persen.

Baca juga: 4 Pasangan Calon Lolos, Kakak Beradik Bertarung di Pilkada Maluku Utara

Sedangkan paslon nomor urut 4, Muhammad Kasuba dan Abdul Madjid Husen (MK-Maju) yang diusung PKS, Gerindra dan PAN memperoleh 48.644 suara atau 11,66 persen.

Dari 10 kabupaten dan kota, sudah tiga daerah yang telah menyelesaikan entri data form C1 nya yaitu Kota Tidore, Kabupaten Halmahera Tengah dan Kabupaten Pulau Morotai.

Untuk saat ini paslon AGK-Ya unggul di empat daerah yaitu Kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Halmahera Tengah dan Kota Ternate.

Sementara AHM-Rivai, unggul di Kabupaten Halmahera Utara, Kepulauan Sula, Morotai dan Pulau Taliabu. Sedangkan paslon Bur-Jadi unggul di dua daerah yaitu Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Timur.

Baca juga: 4 Paslon Daftar di KPU Maluku Utara, 2 di Antaranya Kakak Beradik

Kemenangan paslon AGK-Ya itu sudah dirasakan sejak Rabu (27/6/2018) malam yang sudah menggelar konferensi pers.

Abdul Gani Kasuba mengatakan, kemenangan ini merupakan kemenangan semua karena kepercayaan masyarakat Maluku Utara kepadanya bersama wakilnya mantan Bupati Halmahera Tengah, Al Yasin Ali.

"Alhamdulillah dalam perolehan suara sementara kita sudah berada di ambang pintu kemenangan, jadi sisa kita menunggu keputusan KPU seperti apa, saya akan lanjutkan program-program kita yang masih terbengkali, dalam periode kedua ini Insya Allah selesai," kata Gubernur Maluku Utara itu.

Kompas TV Ada berbagai TPS unik. Mulai dari nuansa adat pernikahan, tema horor hingga superhero.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com