Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Herman Deru-Mawardi Unggul di Quick Count Pilkada Sumsel

Kompas.com - 27/06/2018, 23:22 WIB
Aji YK Putra,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan nomor urut 1 Herman Deru-Mawardi Yahya menang tipis dari tiga calon lainnya dalam versi quick count lembaga survei.

Dari tiga lembaga survei mencatat, Herman Deru bersaing ketat bersama paslon nomor 4 Dodi Reza Alex Noerdin- Giri Ramanda.

Dengan hasil perolehan tersebut, Deru berterimakasih kepada masyarakat Sumsel atas kepercayaan yang diberikan tersebut.

"Ini merupakan ketetapan Allah. Kepada semua pasangan, kita hentikan semua perdebatan di antara kita. Saya perlu dikawal sampai akhir untuk hasil ini. Beberapa lembaga survei sudah memenangkan kami dengan selisih 7 persen. ” kata Deru saat dikediaman pribadinya.

Keberhasilan mendapatkan perolehan suara tertinggi tersebut, menurut Deru, bukan sebuah tujuan untuk mencapai tampuk kursi sebagai pemimpinan. Namun, digunakan untuk pengabdian kepada masyarakat.

“Ini bukan bicara mengejar jabatan tapi ini pengabdian, bahwa pemimpin itu adalah pelayan, maka tidak boleh pelayan untuk tidak menepati yang dilayani,” ujarnya.

Jika nantinya  real count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah diumumkan dan dilakukan pelantikan, Deru mengaku akan memenuhi janjinya dengan memperbaiki infrastruktur di Sumatera Selatan.

“Yang jelas segera kita atasi infrastruktur yang sangat membuat masyarakat tidak nyaman ini,itu kerja pertama kita. Agar semua Kabupaten/ Kota terkoneksi dengan baik dan tidak membuat bahan pokok menjadi naik,” ungkap Deru.

Berdasarkan quick count yang dilakukan Lingkar Survei Indonesia (LSI), dari data yang masuk 96,00 persen. Paslon Herman Deru-Mawardi Yahya meraih 35,54 persen, Dodi-Giri 32,10 persen, paslon nomor urut 3 Ishak Mekki-Yudha Pratomo Mahyudin 21,01 persen, dan nomor urut 2 Saifuddin Aswari Rivai-Muhammad Irwansyah di urutan buncit yakni 11,35 persen.

Sedangkan berdasarkan quick count Charta Politika, suara yang telah masuk sebanyak 79 persen. Paslon 4 berhasil mengimbangi paslon nomor urut 1 dengan perolehan suara 33,66 persen. Kemudian disusul oleh paslon nomor urut 3 sebanyak 20,27 persen dan terakhir paslon nomor 4 dengan perolehan 12,41 persen.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. juga mencatat,Paslon nomor 1 mendapatkan suara 36,02 persen, nomor urut 4 dengan 33,05 persen, nomor urut 3 19,68 persen, dan terakhir nomor urut 2 11,25 persen. Lembaga itu telah menerima data sebesar 98,42  persen pada pukul 17.17 WIB.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com