Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Targetkan Raih 10 Persen Suara Pemilih Gamang

Kompas.com - 24/06/2018, 11:46 WIB
Dendi Ramdhani,
Sandro Gatra

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kandidat Gubernur Jawa Barat nomor urut 1 Ridwan Kamil berharap dapat menggaet 10 persen suara pemilih gamang (swing voter) saat Pilkada Jawa Barat pada Rabu (27/6/2018).

Menurut dia, pemilih yang belum memastikan pilihan akan menjadi penentu raihan suara di Pilkada Jabar 2018.

"Kita sih masih berharap ada swing voter 10 persen. Jadi kalau disurveikan (elektabilitas) 39-40 persen, swing voter bisa menambahi 10 persen," kata Emil, sapaan akrabnya, Sabtu (23/6/2018).

Baca juga: Survei Poltracking: Ridwan-UU 42 Persen, Deddy-Dedi 35,8 Persen

Emil menuturkan, sejauh ini hasil survei elektabilitasnya cukup konsisten. Ia berharap gagasan dan program yang ia tawarkan pada debat publik terakhir, dapat meyakinkan para pemilih gamang.

"Pengalaman saya di Kota Bandung dulu survei diperkirakan 33-35 persen, menangnya 45 persen. Mudah-mudahan hari ini swing voter berpihak ke kita. Kalau logika saya benar, mudah-mudahan mencapai angka 50 persen," tuturnya.

"Saya berharap tayangan (debat) kemarin, menguatkan. Tadi pagi, banyak yang nonton, banyak pesan masuk yang ragu setelah debat semalam yakin memilih Rindu," tambahnya.

Baca juga: Survei SMRC: Ridwan-Uu 43,1 Persen, Deddy-Dedi 34,1 Persen

Emil menjelaskan, tren dukungan hingga kampanye terakhir relatif belum berubah. Sejauh ini, ia masih mengandalkan kawasan Priangan Timur dan Barat sebagai lumbung suara.

"Saya kira posisinya masih sama, saya memperkecil kekalahan di Pantura memperbesar kemenangan di Priangan Timur dan Barat," kata Emil.

Emil menganalisa, perebutan suara akan terjadi di Kabupaten Bogor sebagai wilayah dengan jumlah pemilih terbanyak. Menurut dia, peta dukungan di Bogor cenderung merata.

"Bogor ini daerah berat, pencoblosnya 3 juta. Tapi pasangan no 4 kuat, no 3 kuat, minimal kita dapat 40 persen saja target di sana. Kalau bisa 40 persen di Kabupaten Bogor harusnya menambahi kemenangan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com