Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHY: Alhamdulillah, dari Sejumlah Survei, Nomor Paslon 4 Berada di Posisi Baik

Kompas.com - 22/06/2018, 17:47 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) untuk Pemilukada 2018 dan Pilpres 2019 Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersyukur hasil survei persepsi publik terhadap peserta Pilkada Jawa Barat yang dilakukan Indonesia Strategic Institute (Instrat), pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang diusung Partai Demokrat dan Partai Golkar unggul di antara tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat lainnya.

“Alhamdulillah baru dapat info dari sejumlah survei, paslon nomor empat berada di posisi baik, mengungguli paslon lain,” ujar AHY di Bandoengsche Melk Centrale (BMC), Jalan Aceh, Kota Bandung, Jumat (22/6/2018).

AHY mengatakan, hasil survei tersebut bukan hasil akhir yang nantinya malah membuat terlena partai pendukung dalam upaya memenangkan pasangan Deddy-Dedi di ajang Pilkada Jawa Barat 2018.

“Tentu tidak boleh menjadi berdiam diri, tetap bekerja sampai hari akhir agar angka survei benar-benar terwujud,” ucapnya.

Baca juga: Survei Instrat: Deddy-Dedi 38,17 Persen, Ridwan-Uu 33,92 Persen

AHY menjelaskan, hasil survei tidak bisa dijadikan acuan pasti. Menurut dia, hasil akhir adalah penentu segalanya.

“Berapa pun marginnya, yang terpenting adalah kemenangan. Lebih baik hampir kalah daripada hampir menang. Kalau ada hasil survei baik kita syukuri. Dalam waktu sedikit kita coba menambah suara,” katanya.

Pilkada Jawa Barat, kata AHY, sangat menentukan langkah Partai Demokrat di ajang Pilpres 2019.

“Tentunya ada nilai signifikan, nilai strategis. Jawa Barat ini provinsi besar, memiliki nilai penting untuk perjuangan politik kami (Partai Demokrat) selanjutnya,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, lembaga survei Indonesia Strategic Institute (Instrat) merilis hasil survei persepsi warga Jawa Barat jelang Pilkada Jawa Barat 2018 di Hotel Sawung Galing, Jalan Sawung Galing, Kota Bandung, Jumat (13/6/2018).

Dalam rilis tersebut, dua pasangan calon (paslon) dari empat paslon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat yakni Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Deddy-Dedi) bersaing ketat dalam hal peringkat elektabilitas.

Baca juga: Survei Instrat: Asyik dan Hasanah Jadi Penentu Kemenangan Rindu atau Deddy-Dedi

Dalam hasil survei yang dilakukan kepada 1200 responden yang tersebar di 27 kabupaten kota di Jawa Barat pada tanggal 18 hingga 21 Juni 2018 tersebut, paslon Rindu memiliki elektabilitas sebesar 33,92 persen bersaing ketat dengan pasangan Deddy-Dedi dengan tingkat elektabilitas 38,17 persen.

Sementara paslon Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) memiliki tingkat elektabilitas 8,67 persen dan posisi paling buncit adalah pasangan Sudrajat Ahmad-Syaikhu (Asyik) dengan tingkat elektabilitas 8,50 persen. Sementara yang belum menentukan pilihan sebanyak 10 persen.

Kompas TV Proyeksi elektabilitas para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat semakin menjauh.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com