Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letusan Freatik Gunung Merapi, Warga 2 Dusun di Boyolali Mengungsi

Kompas.com - 21/05/2018, 22:46 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com - Sedikitnya 36 warga di Dusun Stabelan dan Takeran, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (21/5/2018) malam ini terpaksa harus mengungsi di tempat penampungan sementara (TPS) akibat letupan freatik Gunung Merapi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali, Bambang Sinung mengatakan, letusan freatik tersebut terjadi sekitar pukul 17.50 WIB dan berlangsung selama tiga menit.

Akibatnya, warga yang tak jauh dari lereng Gunung Merapi terkena dampak hujan abu sehingga memilih untuk mencari tempat yang aman dengan mengungsi.

"Malam ini mereka (warga) masih mengungsi di TPS. Mereka ingin mencari tempat aman," kata Bambang dikofirmasi Kompas.com, Senin malam.

Baca juga: Merapi Meletus Freatik, Tiga Kecamatan di Sleman Dilanda Hujan Abu

Ditanya apakah warga tersebut besok sudah bisa kembali ke rumah masing-masing, Bambang mengaku belum dapat memastikan dan menunggu perkembangan kondisi Gunung Merapi.

"Sebanarnya kondisi Gunung Merapi masih aman. Mereka memilih untuk mengungsi ini hanya ingin mencari tempat yang aman," terang dia.

Baca juga: Gunung Merapi kembali Meletus Freatik dengan Durasi 3 Menit

Kompas TV Berikut adalah tiga berita terpopuler versi KompasTV 21 Mei 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com