Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantaran Sungai Kali Jagir Disulap Jadi Taman

Kompas.com - 08/05/2018, 15:45 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Bantaran sungai Kali Jagir Surabaya menambah ruang hijau Kota Surabaya. Lahan bekas pemukiman kumuh itu kini disulap menjadi taman bermain dengan view sungai Kali Jagir.

Pantauan KOMPAS.com, kawasan bibir sungai selebar 10 meter itu kini dipenuhi beragam tanaman dengan akses jalan setapak yang dibuat berkelok-kelok. Di beberapa titik, dilengkapi gazebo lengkap dengan tempat duduk dengan arah pandang sungai Kali Jagir.

Tidak ketinggalan penjual jajanan juga ada di beberapa titik taman Kali Jagir. Selasa (8/5/2018), KOMPAS.com menemui penjual jajanan Rangin, dan penjual es Dawet di sepanjang taman.

Taman di sepanjang bantaran sungai Kali Jagir tersebut dikelola pihak swasta dengan dana Corporate Social Responbility (CSR).

Baca juga : Kolong Tol Pelabuhan yang Penuh Sampah Diusulkan Ditata Jadi Taman

 

Taman yang saat ini sudah bisa dimanfaatkan dibangun oleh pengembang PT Sinar Mas Land, yang membangun hunian apartemen yang lokasinya tidak jauh dari taman di Jalan Jagir Wonokromo Surabaya.

Kata Surabaya Division Head Sinar Mas Land, Aditya Sutantio, pembangunan taman di bantaran sungai Kali Jagir sepanjang 800 meter itu untuk mendukung upaya Pemkot Surabaya dalam program Revitalisasi Kali Jagir.

"Sementara masih 800 meter, mungkin nanti bisa bertambah luas dan panjangnya," kata dia.

Taman di sepanjang bantaran tersebut juga mendukung konsep hunian apartemen yang dikembangkan perusahaannya yang berbasis alam dan taman rekreasi.

"Kami juga akan membebaskan lahan untuk tambahan akses dari Jalan Jagir ke froantage Jalan Ahmad Yani untuk mengurai kemacetan," pungkasnya. 

Kompas TV Taman baca yang hanya buka setiap hari Sabtu dan Minggu ini selalu ramai oleh warga yang sebagian besar dari kalangan anak-anak muda dan mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com