Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadirkan Avatar, Ridwan Kamil Ingin Jangkau Warga Pelosok Jabar

Kompas.com - 26/04/2018, 16:41 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kandidat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama sejumlah relawannya membuat Angkutan Virtual Tim Aspirasi Rindu atau Avatar.

Ridwan mengatakan, mobil itu dibuat agar mampu mendatangi warga yang berada di pedalaman Jabar untuk mensosialisasikan program-programnya. 

"Karena Jabar ini luas sekali sehingga tidak bisa seorang paslon menjangkau semua wilayah. Kalau hanya menempelkan alat peraga kampanye yang konvensional kan terlalu biasa kurang interaktif. Maka hadirlah Avatar," ujar Ridwan saat memperkenalkan mobil Avatar di Bandung, Kamis (26/4/2018).

Pria yang akrab disapa Emil itu mengaku selalu berusaha hadir di berbagai tempat untuk berkampanye. Namun wilayah Jabar yang sangat luas membuat dirinya mengeluatkan inovasi Avatar. 

(Baca juga : Ridwan Kamil Masuk 50 Pemimpin Terbaik Dunia Versi Majalah Fortune)

"Kehadiran Avatar menjadi salah satu solusi yang memungkinkan warga tetap bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan saya, meskipun saya fisiknya tidak hadir secara langsung," tambah Emil. 

Emil menuturkan, kehadiran Avatar jadi strategi untuk mengefektifkan proses kampanye. Saat ini baru ada dua unit Avatar yang secara bertahap mendatangi wilayah pelosok Jabar.

"Karena ini sangat efektif menjangkau semua wilayah. Semakin banyak mobil Avatar, warga di pedalaman, di pegunungan yang jauh yang gak bisa saya datangi seolah ngobrol dengan saya menyampaikan aspirasi," ungkapnya.

Emil menyebut, Avatar sebagai salah satu bentuk kreativitas anak muda Bandung. Jika terpilih, program mobil Avatar akan tetap dipertahankan untuk menampung aspirasi masyarakat.

(Baca juga : Blusukan ke Bekasi, Ridwan Kamil Tawarkan Solusi untuk Sampah Bantar Gebang )

"Ini bukti, anak-anak muda Bandung memang kaya dengan gagasan dan inovasi, dan sudah sejak dulu Kota Bandung dikenal sebagai kota kreatif," ucapnya.

"Karena semua yang begini kan alat sosialisasi. Sekarang sosialisasi kampanye nanti (jika terpilih) sosialisasi program kerja," jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com