Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berdalil Cari Tambahan Uang Nikah, Pria Ini Nekat Jadi Kurir Sabu 1 Kg

Kompas.com - 06/03/2018, 20:15 WIB
Hadi Maulana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Sadam Balqiah (29) warga Keude Bungkaih, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Aceh mengaku nekat membawa sabu seberat 1.004 gram atau 1 kg untuk mencari tambahan uang pernikahannya.

"Pengakuan pelaku baru pertama kali dan itupun karena ingin mencari tambahan untuk ongkos pernikahannya," kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso, Selasa (6/3/2018).

Suwarso mengatakan, kejadian ini terungkap saat pelaku hendak melakukan penerbangan ke Padang, Sumatera Barat. Ia rencananya terbang menggunakan maskapai Lion Air sekitar pukul 07.30 WIB di Bandara Hang Nadim, Batam.

"Kecurigaan berawal pelaku melintas di SPC 1 Bandara Hang Nadim. Di sanalah terdeteksi barang mencurigakan dari dalam tas ranselnya. Setelah dilakukan pengecekan, ditemukanlah narkotika jenis sabu sebanyak 1.004 gram atau 1 kg," ungkap Suwarso.

(Baca juga : Berasal dari China, Sabu 1,6 Ton Akan Diedarkan di Jakarta )

Dari kejadian tersebut, pelaku langsung dibawa ke kantor Bea dan Cukai Batam di Batu Ampar, guna pemeriksaan lebih lanjut.

Kepala Kantor KPU Bea Cukai Tipe B Batam Susila Brata membenarkan penahanan tersebut. "Benar saat ini masih dalam pemeriksaan petugas kami," kata Susila.

Susila mengatakan, modus yang dilakukan kali ini dengan mengemas sabu di dalam tas ransel dan kemudian dibungkus dalam lipatan celana jeans. "Ada 2 bungkus kemasan, yang masing-masing berisikan 502 gram," ujar Susila.

Usai dilakukan pemeriksaan, pelaku dan barang bukti diserahkan ke BNNP Kepri.

Kompas TV Tersangka dijerat dengan pasal 114 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal dua belas tahun penjara.  
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com