Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi: Saya Titip, Jangan Sampai Anak-anak Dididik oleh HP

Kompas.com - 09/02/2018, 07:00 WIB
Caroline Damanik

Editor

SOLOK, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo mengingatkan para orangtua agar mengawasi anak-anak dalam menggunakan ponsel.

"Saya titip kalau pegang yang namanya handphone atau smartphone, tolong diawasi. Jangan sampai anak-anak kita dididik oleh HP," kata Jokowi dalam sambutannya saat penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), dan bantuan sosial beras sejahtera di GOR Tuanku Tabiang, Batu Tupang, Koto Baru, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Kamis (8/2/2018).

Jokowi mengatakan, banyak informasi yang bisa didapat dari telepon pintar, baik yang positif maupun negatif. Oleh karena itu, lanjut dia, penting dalam mengawasi, memperhatikan, hingga membimbing anak-anak yang menggunakan ponsel.

(Baca juga: Kegirangan Bisa Sebut 7 Nama Ikan, Ibu Ini Tagih Sepeda ke Jokowi)

Pada acara tersebut, Presiden menyerahkan KIP kepada 1.173 orang di Kabupaten Solok dengan rincian 384 untuk siswa SD, 384 untuk siswa SMP, 192 untuk siswa SMA, 192 untuk siswa SMK, dan 21 untuk siswa-siswi pendidikan kesetaraan.

Jokowi menuturkan, dana yang ada di kartu KIP hanya boleh dimanfaatkan untuk membeli keperluan pendidikan.

Jika ada siswa-siswi yang menggunakannya untuk membeli pulsa telepon, kartu akan dicabut pemerintah.

"Kita syukuri bahwa pemerintah bisa memberikan Kartu Indonesia Pintar ini agar anak-anak semuanya bisa bersekolah dan nanti kalau pemerintah memiliki anggaran yang lebih, PKH-nya ditambah dan Kartu Indonesia Pintar juga ditambah, doakan saja," ucap Jokowi.

(Baca juga: Seorang Bapak Tolak Hadiah Sepeda dari Jokowi, Ini Alasannya)

Selain itu, Jokowi juga menyerahkan PKH kepada 1.500 orang dan meminta agar dana yang ada di PKH dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi anak dan pendidikan.

"Dana yang ada di PKH itu digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan satu, gizi anak. Jadi, untuk beli telur, ikan boleh, sayur boleh, dan yang kedua untuk keperluan anak-anak sekolah kita," ujar Jokowi.

Presiden bersama Ibu Negara Nyonya Iriana Joko Widodo tiba di Kabupaten Solok sekitar pukul 11.50 setelah menempuh perjalanan darat selama hampir lima jam dari Kabupaten Dharmasraya.

Seusai acara tersebut, Jokowi beranjak ke Kota Sawahlunto sebelum menuju Kabupaten Tanah Datar.

 

Kompas TV Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ternyata memberikan penilaian terhadap tamu undangan yang hadir. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com