Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Palembang Ditargetkan Selesai Sebelum Asian Games

Kompas.com - 29/01/2018, 18:31 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Light rail transit (LRT) Palembang ditargetkan selesai sebelum Asian Games yang akan berlangsung Agustus-September 2018.

"Sebelum Asian Games harus selesai. Sampai sekarang pengerjaan sudah lebih dari 80 persen. Kami optimistis bisa selesai," ujar Direktur Utama PT Len Industri, Zaky Gamal Yasin seusai penanaman 10.000 tanaman kopi di Bandung, Senin (29/1/2018).

Zaky menjelaskan, perusahaan yang dipimpinnya mengerjakan semua sistem integrasi persinyalan dalam proyek ini. Pengerjaan ini lebih banyak dibanding proyek LRT Jakarta dan LRT Jabodebek yang dikerjakannya.

Nilai proyek untuk LRT Palembang mencapai Rp 1,5 triliun. Saat ini pihaknya tinggal mengerjakan sistem persinyalan dan kelistrikan.

"Awal Maret start komisioning (pengujian). Kalau keretanya datang, sudah bisa (uji coba)," tuturnya.

(Baca juga : Kemenhub Akan Lakukan Survei untuk Tentukan Tarif LRT Palembang)

Operasinya sendiri, sambung Zaky, direncanakan pada Juni-Juli 2018. Sedangkan di Agustus, 5 dari 13 stasiun sudah bisa digunakan.

Berita sebelumnya, LRT Palembang diyakini menjadi salah satu solusi kemacetan bagi masyarakat yang tinggal di Ibu Kota Sumatera Selatan itu.

Proyek LRT ini dirancang memiliki panjang 23,4 kilometer, dengan jarak yang membentang mulai dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin hingga kawasan sport center Jakabaring.

Jalur tersebut terhitung padat. Waktu tempuh yang dibutuhkan di atas jam 06.00 WIB mencapai 2 jam. Namun dengan LRT ini, jarak tempuh hanya 40 menit.

Kompas TV Lokasi kecelakaan telah disterilkan dan aktivitas pengerjaan dihentikan untuk sementara waktu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com