Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medan Terjal dan Sinyal Sulit, Patok Batas Negara Ini Sudah 5 Tahun Tak Dicek

Kompas.com - 28/01/2018, 23:48 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com - Medan yang bergunung dan terjal membuat patok perbatasan di Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, sudah lama tidak dicek.

Komandan Satgas Pamtas Indonesia- Malaysia Batalyon Infanteri621/Manuntung, Letkol Infanteri Rio Neswan mengakui, sudah 5 tahun ini tidak melakukan pemeriksaan.

“Di daerah Lumbis terdapat kita sebut blank post area yang selama 5 tahun terakhir ini satgas-satgas sebelumnya tidak bisa mempatroli daerah tersebut karena jaraknya yang sudah jauh,“ katanya, Sabtu (27/1/2018).

Selain medan yang berat, tidak adanya jaringan komunikasi di wilayah tersebut membuat upaya pemeriksaan patok perbatasan di sepanjang 363 kilometer di Kecamatan Lumbis Ogong menjadi lebih berat.

Namun, Rio mengatakan, kini pihaknya sedang berupaya menjangkau daerah itu. Setidaknya, dibutuhkan waktu satu bulan untuk bisa menjangkau patok di wilayah perbatasan tersebut.

“Kami rencanakan selama 2 bulan ini baik logistik, komunikasi, kami mendapat dukungan telepon satelit dan tim kesehatan untuk melaksanakan patroli,” ujarnya, Sabtu (27/1/2018).

Untuk menghemat baterai telepone satelit, petugas patroli hanya diperbolehkan melaporkan kondisi terakhir mereka sehari sekali.

“Mereka berangkat pada tanggal 15 Januari kemarin. Setiap dua hari mereka telepon menyampaikan kondisi terkahir untuk menghemat baterai dan pulsa. Untuk keterangan patok dan lainnya nanti setelah mereka kembali,” ucap Rio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com