Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jateng, Ganjar dan Sudirman Lolos dari Tes Kesehatan

Kompas.com - 18/01/2018, 20:04 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah menyatakan, dua pasangan bakal calon yang berlaga pada Pilkada Jateng lolos dalam pemeriksaan kesehatan. Kedua pasangan itu lolos dari tes kesehatan, narkotika, dan tes lainnya.

"Semuanya sehat dan memenuhi syarat, dan tidak ada yang terindikasi penyalahgunaan narkotika," ujar Ketua KPU Jateng Joko Purnomo saat temu media di Semarang, Kamis (18/1/2018).

Adapun Pilkada Jateng diikuti dua pasangan calon, yaitu calon petahana Ganjar Pranowo - Taj Yasin Maimoen melawan mantan Menteri ESDM Sudirman Said - Ida Fauziyah.

Baca juga: Pilkada Jateng, Sudirman Said dan Ganjar Pranowo Minta Restu NU-Muhammadiyah

Joko memastikan dua pasangan calon yang bertarung pada Pilkada Jateng telah lolos tes kesehatan dan bersih dari narkotika. Dokumen pemeriksaan kesehatan sendiri diselesaikan oleh tim dokter pada Selasa (16/1/2018).

"Semua bersih. Partai politik telah mempersiapkan pemimpin, mereka masuk kategori orang baik. Tinggal dipilih masyarakat," imbuh Joko.

Meksi lolos, sambung dia, dua pasangan calon itu perlu memperbaiki dokumen pencalonan. Berdasarkan hasil verifikasi, ditemukan dokumen yang tidak asli. Dokumen yang dilampirkan saat pendaftaran banyak yang berupa salinan atau fotokopi.

"Perlu perbaikan karena yang diserahkan bentuknya fotokopi. Harus yang asli yang diserahkan," ujar Joko.

KPU menerapkan waktu perbaikan dokumen mulai hari ini hingga 20 Januari 2018.

Kompas TV Pengamat politik Universitas Diponegoro Jawa Tengah, Muhammad Yulianto meyakini jika dalam Pilkada Jateng akan muncul tiga bakal calon gubernur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com