Tes Kesehatan 11 Jam, Dokter Sebut Calon di Pilkada Jabar Punya Fisik dan Mental Tangguh - Kompas.com

Tes Kesehatan 11 Jam, Dokter Sebut Calon di Pilkada Jabar Punya Fisik dan Mental Tangguh

Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana
Kompas.com - 11/01/2018, 19:02 WIB
Empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung di Pilkada Jawa Barat 2018 akhirnya selesai menjalani rangkaian tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. KOMPAS.com/Putra Prima Perdana. Empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung di Pilkada Jawa Barat 2018 akhirnya selesai menjalani rangkaian tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah melalui 11 jam yang cukup melelahkan dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung di Pilkada Jawa Barat 2018 akhirnya selesai menjalani rangkaian tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Tes kesehatan yang meliputi tes urine, tes darah, tes fisik dan tes psikologi ini menjadi salah satu syarat dari Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat bagi calon yang akan mengikuti kontestasi Pilkada Jawa Barat.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Eka Mulyana mengatakan, seluruh tim pemeriksa kesehatan para bakal calon gubernur dan wakil gubernur akan segera melakukan rapat pleno untuk menyusun hasil pemeriksaan kesehatan hari ini.

“Kita akan menyusun hasil pemeriksaan kesehatan menyeluruh dari tim medis, BNN, Himpunan Masyarakat Psikologi (HIMPS) Jawa Barat dan dari IDI,” ujar Eka dalam konferensi pers di RSHS Bandung, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Kamis (11/1/2018).

Lebih lanjut Eka menambahkan, hasil pemeriksaan para bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat tidak bisa ditentukan dalam waktu singkat.

“Selesai keseluruhan tanggal 15 Januari 2018. Maka rencananya, hasil pemeriksaan diumumkan oleh KPU tanggal 16 Januari 2018. Tidak bisa diumumkan satu dua hari ini,” akunya.

Baca juga : Kontestan Pilkada Jabar Akhiri 11 Jam Tes Kesehatan dengan Selfie

Di tempat yang sama Erwan Martanto, Ketua Tim Medis sekaligus dokter spesialis jantung RSHS Bandung menambahkan, pemeriksaan kesehatan bakal calom gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat tahun ini berbeda dari Pilkada Jawa Barat 2013 lalu.

“Tidak terlalu banyak berubah sebenarnya, tapi ada keterlibatan BNN untuk pemeriksaan urine, Himpunan Masyarakat Psikologi (HIMPS) Jawa Barat dan dari IDI,” akunya.

Baca juga : Tunggu Tes Kesehatan, Dedi Mulyadi Dicurhati Pasien RS yang Kesal

Sementara itu, Direktur Utama RSHS Bandung, Nuki Nursyamsi menambahkan, meski proses pemeriksaan kesehatan dapat dikatakan cukup melelahkan, para bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat mampu melewatinya dengan sangat baik.

“Pemeriksaan sudah dilaksanakan, kita bersyukur cagub dan cawagub punya fisik dan mental yang tangguh,” tandasnya.

Kompas TV Tiga pasang bakal calon menjalani pemeriksaan kesehatan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Bandung, Putra Prima Perdana
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM