Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, PDI-P Umumkan Rekomendasi Calon Gubernur Jateng

Kompas.com - 03/01/2018, 22:35 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berencana mengumumkan calon gubernur yang akan diusung dalam Pilkada Jawa Tengah 2018, Kamis (4/1/2017). Hal itu disampaikan Sekretaris DPD PDI-P Jateng, Bambang Kusriyanto.

"Rencananya besok tanggal 4 (Januari). Cuma ya atau tidaknya kita tunggu nanti malam," ujar Bambang, Rabu (3/1/2017).

Menurut Bambang, jika rencana tersebut jadi, seluruh Ketua DPC PDI Perjuangan dan pengurus inti DPD PDI-P Jateng akan diundang ke kantor DPP di Jakarta. Mereka akan menyaksikan penyerahan rekomendasi cagub Jawa Tengah.

Sedangkan bakal calon yang diundang hanya yang akan mendapatkan rekomendasi saja. "Yang diundang (hanya) yang direkom, dan seluruh Ketua DPC PDI Perjuangan, dan Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPD PDI-P Jawa Tengah," ujarnya.

(Baca juga : PDI-P Siap Adu Kekuatan dengan Sudirman Said di Pilkada Jateng )

BK menambahkan, penyerahan rekomendasi cagub Jateng bersamaan dengan rekomendasi tiga provinsi lainnya, yakni Papua, Sumatera Utara, dan Lampung.

"Kita ada 5 cagub dan wakil ada 14 yang mendaftar," tuturnya. 

Seperti diketahui, hingga penutupan pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah internal PDI-P, Jumat (11/8/2017), terdapat 5 pendaftar calon gubernur dan 14 pendaftar cawagub Jateng 2018-2023.

Lima bakal cagub yakni Ganjar Pranowo, Bupati Kudus Mustofa, Bupati Sukoharjo Wardoyo, mantan Bupati Klaten Sunarna, dan Kepala Desa Tratemulyo, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Lestariyono Loekito.

(Baca juga : Sudirman Said: Apa Betul PDI-P Kuat di Mana-mana? )

Sedangkan 14 orang yang mendaftar sebagai calon wakil gubernur Jateng di antaranya Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Mantan Pangdam IV/Diponegoro Mayjend (purn) Sunindyo, Bupati Pemalang Junaedi, dan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.

Kemudian Bupati Jepara Ahmad Marzuki, mantan Wakil Bupati Blora Abu Nafi, mantan Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko, anggota DPRD Jateng Dede Indra Permana, dan lainnya. 

Kompas TV Beberapa partai politik masih hitung-hitungan soal siapa yang akan diusung pada pesta demokrasi pemilihan Kelapa Daerah 2018 mendatang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com