Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Rombongan Wisatawan Asal Palembang Masuk Jurang di Bantul

Kompas.com - 02/01/2018, 18:48 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bus Limbersa yang membawa rombongan wisatawan asal Palembang masuk jurang di Jalan Siluk-Panggang Bantul, Yogyakarta, Selasa (2/1/2018) siang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Kasat Lantas Polres Bantul, AKP Imam Bukhori menyampaikan, peristiwa ini terjadi saat bus Limbersa nopol BG 7350 T pulang dari kunjungan ke obyek wisata pantai di Gunungkidul menuju Bantul.

Sopir yang masih belum diketahui identitasnya ini lantas memilih jalur Panggang- Bantul melewati siluk. Sesampainya di Dusun Lanteng II, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, jalanan menurun tajam dan menikung. 

Saat itu sopir tidak bisa mengendalikan laju bus. Sopir mencoba mengerem namun gagal. Bus akhirnya masuk jurang. 

(Baca juga : Diduga Sopir Mengantuk, Bus Masuk Jurang Tewaskan 3 Penumpang)

"Pada saat sampai di TKP, sepertinya sopir bus tidak menguasai medan jalan," katanya di lokasi, Selasa (2/1/2018).

Penumpang yang berjumlah 29 orang, langsung dievakuasi petugas dan warga. Mereka dilarikan ke rumah sakit dan puskesmas untuk mendapatkan perawatan. "Tidak ada korban jiwa, saat ini seluruh penumpang yang berjumlah 29 orang sudah dievakuasi," ucapnya.

Imam mengakui, lokasi kejadian merupakan titik rawan kecelakaan. Kondisi jalan yang menikung dan turunan tajam, menjadi salah satu penyebabnya.

"Memang di sini salah satu jalur rawan untuk dilintasi. Kami mengimbau agar pengendara yang ingin melintasi jalur Imogiri- Panggang untuk waspada, dan mempersiapkan kendaraannya dengan baik," pungkasnya. 

Kompas TV Bus Masuk Jurang, 4 Pemudik Tewas dan 40 Orang Terluka


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com