Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Malam Pergantian Tahun, Puluhan Rumah di Ogan Ilir Terendam Banjir

Kompas.com - 31/12/2017, 15:01 WIB
Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Warga Desa Tanjung Dayang, Kecamatan Indralaya Selatan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, terancam melewati malam pergantian tahun dari tahun 2017 ke tahun 2018 di tengah banjir.

Pasalnya, hujan yang turun terus-menerus beberapa hari ini mengakibatkan sungai dan rawa di belakang desa meluap dan merendam rumah mereka.

Rumah yang yang terendam banjir jumlahnya mencapai puluhan dan lokasinya tepat berada di sisi jalan lintas timur Palembang-Lampung. Kedalaman banjir bervariasi antara 30 centi meter hingga 1 meter.

Banjir juga mulai membuat aktivitas warga terganggu.

Seorang warga yang akan menggelar acara hajatan terpaksa memasang tenda di lahan sempit tersisa yang belum terendam. Sementara kaum perempuan memanfaatkan air banjir untuk mencuci peralatan tumah tangga.

Baca juga : Pondok Pesantren di OKI Terendam Banjir hingga Satu Meter

Zaluyah, warga setempat, Minggu (31/12/2017), mengatakan, banjir yang merendam puluhan rumah di desanya sudah berlangsung seminggu. Banjir berasal dari luapan air sungai di belakang desa dan curah hujan yang tinggi.

Meksi belum begitu mengganggu aktivitas warga, namum Zaluyah terpaksa memindahkan barang-barang mereka yang ada di bagian bawah rumah ke bagian atas.

“Memang belum ada warga yang terkena penyakit, kami terpaksa memindahkan barang yang ada di bagian bawah agar tidak rusak oleh banjir,” katanya

Banjir juga dimanfaatkan warga untuk mencuci sepeda motor. Sedangkan bagi anak-anak banjer dijadikan sarana untuk mandi dan bermain.

Sementara dari pantauan, itu jika cuaca terus mendung dan hujan tetap turun maka diprediksi permukaan banjir akan terus meningkat.

Kompas TV Warga Manfaatkan Material Bekas Banjir Lahar untuk Dijual
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com