Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal, 22.455 Wisatawan Padati Gunung Bromo dan Semeru

Kompas.com - 26/12/2017, 20:28 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dipadati wisatawan selama libur Natal 2017. Terhitung sejak Kamis (20/12/2017) hingga Senin (25/12/2017), jumlah wisatawan yang masuk ke kawasan itu sebanyak 22.455 orang.

"Pengunjung kawasan Bromo dan Semeru selama libur Natal, pengunjung nusantara 22.260 orang dan pengunjung mancanegara 195 orang," kata Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi Pelaporan dan Humas pada Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat melalui pesan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (26/12/2017).

Dijelaskan Sarif, pengunjung sebanyak itu masuk melalui empat pintu yang ada. Empat pintu masuk itu adalah Cemoro Lawang, Kabupaten Probolinggo; Wonokitri, Kabupaten Pasuruan; Coban Trisula, Kabupaten Malang; dan Ranu Pani, Kabupaten Lumajang sebagai pintu pendakian menuju Gunung Semeru.

"Iya itu semua pintu masuk Bromo dan Semeru. Pintu masuk Cemoro Lawang, Penanjakan, Coban Trisula, dan Ranu Pani untuk pendakian Semeru," jelasnya.

(Baca juga: Pasca-Natal, Polisi Fokus Pengamanan Obyek Wisata hingga Pusat Perbelanjaan)

Jumlah kunjungan itu, menurut dia, naik signifikan dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada hari biasanya.

"Terjadi lonjakan signifikan dibanding weekend hari biasa," Sarif.

Sebagai informasi, pengelola TNBTS mempersiapkan 251 personel pengamanan menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2018. Terdiri dari petugas TNBTS, TNI-Polri, dan pemerintah setempat.

Selain itu, pengelola juga menyediakan kantong plastik yang akan dibagikan kepada pengunjung supaya tidak buang sampah sembarangan.

Kompas TV Namun, tak sedikit yang menilai tugu nama Bromo justru menjadi pemandangan baru bagi wisatawan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com