Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60 Rumah di Bogor Terbakar, Ratusan Warga Diungsikan

Kompas.com - 26/12/2017, 15:50 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Sebanyak 271 jiwa atau 76 kepala keluarga (KK) diungsikan akibat peristiwa kebakaran yang terjadi di Kampung Gudang, RT 005/RW 001, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan sekitar 60 rumah itu terjadi pada Senin (25/12/2107) siang, saat sejumlah warga sedang melakukan aktivitasnya bertepatan dengan libur Natal.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Bogor bersama instansi terkait mencatat, 34 kepala keluarga sudah ditampung di tempat pengungsian sementara di Sekolah Dasar (SD) Negeri Empang 4, tak jauh dari lokasi kejadian.

Sementara sisanya lebih memilih mengungsi di rumah sanak saudara ataupun tetangga sekitar yang tidak terkena dampak peristiwa kebakaran itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bogor, Ganjar Gunawan mengatakan, dari hasil penyelidikan bersama kepolisian, diduga api berasal dari sebuah setrika yang masih menyala dan ditinggal pergi oleh pemiliknya.

Baca juga : Seorang Nenek Tewas dalam Kebakaran Satu Rumah di Soppeng

Setrikaan itu kemudian menimbulkan percikan api sehingga membakar barang-barang yang berada di dekatnya, kemudian merambat ke sejumlah bangunan rumah warga lain.

"Para korban yang terkena dampak kebakaran diungsikan dulu sementara ke SD, di sana para korban dapat menginap dan tidur," kata Ganjar, Selasa (26/12/2017).

Ganjar menambahkan, peristiwa kebakaran itu terjadi di lingkungan padat penduduk. Sehingga, sambung Ganjar, api dengan cepat merambat dari satu rumah ke rumah lainnya.

Petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi pada saat kejadian juga sulit memadamkan api karena susahnya akses untuk masuk.

"Dibutuhkan enam unit damkar untuk memadamkan api. Jalurnya bukannya kecil lagi, tapi emang nggak bisa masuk," ucapnya.

Baca juga : Kurang Tepat Pasang Selang Tabung Elpiji, 2 Rumah Ludes Terbakar

Sejauh ini, para korban kebakaran masih berada di lokasi pengungsian. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Hingga siang ini, sejumlah bantuan berupa makanan, obat-obatan, maupun pakaian masih terus berdatangan baik dari para relawan maupun swadaya masyarakat Bogor lainnya.

Kompas TV Sebuah bus antarkota antarprovinsi terbakar sesaat setelah mengisi bahan bakar minyak di kawasan Terminal Pakupatan Serang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com