Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Pasar Klewer Keluhkan Calo dan Pasar Bayangan

Kompas.com - 24/12/2017, 18:03 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Pedagang Pasar Klewer di Solo, Jawa Tengah mengeluhkan adanya pasar bayangan dan calo yang berada di sekitar pasar. Sebab, keberadaannya dinilai mengganggu dan mempengaruhi pendapatan pedagang tekstil di sana.

Pejabat Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Kota Solo Kusbani mengatakan, momentum libur Natal dan Tahun Baru merupakan kesempatan para pedagang untuk mencari pendapatan lebih. Sayangnya, harapan tersebut terganggu dengan adanya pasar bayangan dan calo di luar pasar.

"Calo-calo itu memengaruhi pengunjung dan pembeli. Mereka membawa pembeli ke penjual batik yang berada di luar Pasar Klewer dan dia (calo) nanti mendapat keuntungan sekitar 20 sampai 30 persen," kata Kusbani kepada Kompas.com di Solo, Minggu (24/12/2017).

Keberadaan calo tesebut, lanjutnya, membuat pengunjung tak jadi membeli di Pasar Klewer. Para calo akan menerima keuntungan setelah mengantarkan pembeli ke penjual batik di luar Pasar Klewer.

Baca juga: Apa Kabar Pasar Klewer yang Berjuang Bangkit Pasca-Kebakaran?

Pasar Klewer Kota Solo, Jumat (9/6/2017)M Wismabrata/KOMPAS.com Pasar Klewer Kota Solo, Jumat (9/6/2017)
"Sebenarnya keberadaan calo sudah lama. Tetapi semenjak pedagang pindah ke pasar yang baru, calo ini cukup mengganggu pedagang di dalam pasar. Seharusnya pengunjung dan pembeli masuk, tapi mereka enggak jadi masuk karena ke tempat lain," ujarnya.

Barang yang dijual di pasar bayangan hampir sama dengan yang dijual pedagang di Pasar Klewer. Menurutnya, ada ratusan pedagang di luar yang jenis jualannya sama seperti pedagang Pasar Klewer. Hal itu menyebabkan pembeli lebih banyak membeli di luar Pasar Klewer.

"Nanti kalau kita biarkan terus menerus, Pasar Klewer mati dengan sendirinya. Di Pasar Klewer sendiri ada 2.000 lebih pedagang. Maka dari itu, kami minta supaya Pemkot Surakarta mengatur dan melakukan penantaan," kata Kusbani.

Baca juga: Resmikan Pasar Klewer, Jokowi Diminta Pedagang untuk Promosi

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Subagyo mengatakan, pemerintah tak mempermasalahkan pedagang berjualan di luar Pasar Klewer, selama menggunakan kios milik sendiri. Pedagang akan ditindak jika kiosnya tak berizin. 

"Itu kan pertokoan juga mempunyai hak sama, kalau mau bersaing ya harus yang sehat. Supaya pembeli tertarik dan masuk ke dalam pasar ya bagaimana cara menciptakan sesuatu supaya pembeli mau masuk (pasar)," ujar Subagyo.

Baca juga: Jokowi: Silakan, Jauh-jauh Datang ke Klewer Kok Enggak Belanja...

Mengenai calo, Subagyo menyebut hal itu sebagai salah satu strategi berjualan.

"Itu merupakan strategi orang berdagang. Jadi, kalau mau dagangannya ramai pembeli ya harus menggunakan persaiangan yang sehat dan baik," katanya.

Kompas TV Fashion show unik ini digelar di jalanan depan Pasar Klewer Solo, Jawa Tengah, Senin (2/10) siang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com