Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Bunuh Diri dengan Potasium, Nelayan Ditemukan Tewas

Kompas.com - 03/12/2017, 12:53 WIB
Hadi Maulana

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - BJ (50), seorang nelayan, ditemukan tewas di kediamannya di
Desa Meliah, Kecamatan Subi, Kabupaten Natuna, Propinsi Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (2/12/2017). Kapolsek Serasan Subi Iptu Sugiman mengatakan, kuat dugaan korban meninggal akibat keracunan potasium.

"Kuat dugaan keracunan karena saat dibawa ke puskesmas, pihak puskesmas menyatakan korban tewas keracunan," katanya ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu.

Sugiman mengatakan, korban pertama kali ditemukan istrinya di kamar. Awalnya memang korban sempat meminta gelas. Ia diduga bunuh diri dengan sengaja meminum potasium.

"Kami dalami kasus ini, dan saat ini kasusnya juga sudah dilimpahkan ke Polres Natuna," kata Iptu Sugiman.

Baca juga : Sebelum Bunuh Diri dengan Potasium, Pria Ini Kirim Pesan untuk Pacarnya

Potas, begitu istilah untuk potasium di kalangan nelayan, merupakan racun yang mengandung pottasium sianida untuk menangkap ikan. Teknik menangkap ikan dengan potas dilarang. Namun sampai saat ini potas masih saja mudah dijumpai di kalangan nelayan di Subi.

Potasium sianida termasuk racun yang sangat mematikan dengan waktu reaksi antara 3-4 jam. Racun itu menyerang pembuluh darah jantung, menutup aliran darah. Bila masuk ke tubuh manusia racun itu bisa membuat seseorang kolaps dan tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com