Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bakal Calon Menunggu Restu Prabowo Subianto untuk Pilkada Jateng

Kompas.com - 28/11/2017, 10:57 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said dan Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono secara resmi menjadi dua kandidat yang diusung Gerindra untuk Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah 2018.

Sudirman dan Ferry mengaku telah berkeliling di hampir 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Keduanya juga telah bertemu masyarakat di setiap kunjungannya, bertemu dengan akademisi, pengelola pondok pesantren, dunia usaha, dan sejumlah elemen lain.

Penunjukan bakal calon dari Gerindra ditentukan oleh Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto. Rencananya, rekomendasi akan diterbitkan pada awal Desember.

“Memang DPP yang memutuskan, tapi saya merasa optimistis, rasanya makin mengerucut,” kata Sudirman saat ditemui di Semarang, Senin (27/11/2017).

Sudirman mengaku telah menjalankan mandat dan arahan dari Gerindra untuk berkeliling Jawa Tengah untuk bersosialisasi. Hampir 35 kabupaten dan kota telah dikunjunginya, dan akan dilanjutkan dalam pekan ini.

Menurut dia, bertemu dengan banyak pihak membuat dia sadar bahwa masih banyak pekerjaan yang belum diselesaikan di Jawa Tengah.

“Eks Kedu belum, nanti akan dilanjutkan. Warna-warni cukup lengkap, merah, hijau, putih, kampus sudah, pesantren sudah, beberapa usaha besar didatangi mendapat masukan. Alhamdulillah cukup lengkap, tinggal diperdalam. Mudah-mudahan saya nanti dapat rekomendasi hingga bisa masuk melakukan itu,” tambah mantan direktur PT Pindad itu.

Baca juga: Desember 2017, Gerindra Berikan Rekomendasi Calon di Pilkada Jateng

Sementara itu, Ferry Juliantono juga berharap restu Prabowo untuk dapat rekomendasi maju pada Pilkada Jateng. Sama halnya dengan Sudirman, Ferry mengaku telah berkeliling di 35 kabupaten dan kota di Jateng untuk bertemu dengan sejumlah pihak.

“Saya bakal calon hanya menjalankan mandat, saya sosialisasi ke masyarakat, saya juga sudah punya hasil survei, calon pasangan. Saya menjalankan mandat dan akan menyelesaikan mandat ini,” kata Ferry.

Siapa pun yang dipilih Ketua Umum, sambung Ferry, pastinya adalah pilihan terbaik dari Gerindra untuk warga Jateng.

“Mudah-mudahan jadi alternatif terbaik warga Jateng untuk memilih pemimpin. Bahwa Jateng ini butuh perubahan, perubahan sekiranya akan terpilih kepala daerah baru. Gerindra yang diputuskan Ketua Umum akan membawa Jateng keluar dari kemiskinan, menjadi maju dan menjadi poros ekonomi nasional,” ujar Ferry.

Adapun Prabowo hadir untuk memberi dukungan kepada para kader dalam rapat konsolidasi Gerindra tingkat Jawa Tengah yang digelar secara tertutup di Hotel Patra Semarang. Dua bakal calon tersebut juga diberi kesempatan berkenalan serta memaparkan visi dan misinya di depan kader utama.

Untuk mengusung pasangan calon, Gerindra masih akan berkoalisi dengan partai lain. Sejauh ini, Gerindra hanya memiliki 11 kursi di DPRD Jateng. Hal itu berbeda dengan PDI Perjuangan yang memiliki 31 kursi sehingga dapat mengusung pasangan calon tanpa harus berkoalisi dengan partai lainnya.

Kompas TV Mantan Menteri ESDM Sudirman Said siap maju dalam bursa pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com