Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Ini Daftar Kereta Tambahan

Kompas.com - 22/11/2017, 19:26 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan dua kereta tambahan pada posko angkutan Natal dan tahun baru (Nataru) yang akan dimulai pada tanggal 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018.

Dua kereta tambahan tersebut yakni KA Purwojaya tambahan relasi Gambir-Purwokerto-Cilacap dan KA Kutojaya tambahan relasi Pasar Senen-Kutoarjo.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko mengatakan, selain dua kereta tambahan, pihaknya juga memastikan ada tujuh kereta tambahan dari Daop lain yang akan melintas di Stasiun Purwokerto selama masa Nataru.

Tujuh kereta tersebut yakni KA Argo Lawu Fakultatif relasi Gambir-Solobalapan, KA Argo Dwipangga Fakultatif relasi Gambir-Solo Balapan, KA Taksaka Pagi tambahan relasi Gambir-Yogyakarta. Selanjutnya, KA Taksaka Malam relasi Gambir-Yogyakarta, KA Gajayana tambahan relasi Gambir-Malang, KA Lodaya tambahan relasi Bandung-Solo Balapan, dan terakhir KA Pasundan tambahan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng.

“Dengan adanya penambahan operasional ini, otomatis frekuensi kereta yang melintas di jalur selatan akan meningkat,” ungkap Ixfan, Rabu (22/11/2017).

Baca juga: Upaya agar Perlintasan Kereta Api Janti di Jogja Bisa Dilalui Lagi

Oleh karena itu, manajemen PT KAI Daop 5 Purwokerto telah mengecek jalur rel secara bergilir. Pihaknya memastikan bahwa rel lintas Tegal-Purwokerto, Kutoarjo-Purwokerto, Banjar (Jawa Barat)-Kroya, dan Cilacap-Purwokerto dalam kondisi prima dan aman dilalui.

“Kami juga mengimbau kepada pengguna jalan raya untuk tetap tertib dan berhati-hati, terutama di perlintasan sebidang yang tidak memiliki palang pintu. Sebab, setiap harinya akan ada 138 perjalanan kereta api sehingga diperkirakan setiap 10 menit akan ada kereta melintas di wilayah Banyumas dan sekitarnya,” kata dia.

Kompas TV Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan didampingi Bupati Kabupaten Barru melakukan uji coba kereta api di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com